5 Aplikasi File Manager Terbaik Untuk Smartphone Android

5 Aplikasi File Manager Terbaik Untuk Smartphone Android

 

5 Aplikasi File Manager Terbaik Untuk Smartphone Android
5 Aplikasi File Manager Terbaik Untuk Smartphone Android

File manager adalah salah satu aplikasi yang sangat penting di perangkat smartphone. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur file. Memindahkan, menghapus, menggandakan, menyembunyikan, mengubah nama suatu file dan masih banyak lagi.

Memang, sebagian besar smartphone android sudah dibekali dengan aplikasi file manager bawaan. Namun, terkadang file manager tersebut hanya membawa fitur-fitur dasar saja. Sedangkan kamu menginginkan fitur-fitur lebih guna meningkatkan produktivitas.

Berikut ini adalah 5 aplikasi file manager terbaik di android.

Root Explorer

Jangan langsung terbelalak begitu membaca namanya. Walaupun memang aplikasi file manager ini dibuat untuk perangkat yang udah di root, kamu yang smartphonenya belum di root pun masih dapat menggunakannya untuk banyak hal, mulai dari menyalin, mengubah nama, sampai dengan mengekstrak file.

Jika kamu memiliki perangkat yang sudah memiliki hak akses root, maka Root Explorer dapat lebih besar lagi manfaatnya untuk kamu. Kamu bisa menjelajahi file sampai ke tingkat sistem. Memodifikasi file permission, mengedit konten file sistem, dan masih banyak lagi.

Solid Explorer

Jika kamu pecinta material desain, maka kamu akan menyukai Solid Explorer. File manager ini selain memiliki tampilan materail desain, juga memiliki fitur-fitur penting lain seperti Cloud Storage, FTP, SFTP, WebDAV, SMB, fitur kompresi, dan masih banyak lagi.

Intinya, file manager yang satu ini adalah salah satu file manager dengan fitur paling komplit yang ada di Google

Play. Kamu bisa mencobanya selama 14 hari, setelah itu kamu diwajibkan membelinya dengan harga $1.99. Cukup murah.

X-Plore File Manager

Aplikasi file manager yang satu ini terbilang unik. Pasalnya, X-Plore File Manager memiliki tampilan dual-pane. Dimana kamu bisa dengan mudah melakukan copy-paste dari satu folder ke folder lainnya.

Aplikasi file manager yang satu ini juga punya fitur yang lengkap selain dual-pane. Mendukung banyak tipe file. Serta mendukung fitur root. Kekurangan dari file manager yang satu ini adalah tampilannya yang sedikit kuno. Namun urusan fitur, file manager ini bisa di adu.

ES File Explorer

Aplikasi file manager yang satu ini sudah cukup berumur dan memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Tidak heran kalau sekarang ES File Explorer punya banyak sekali fitur unggulan yang dibutuhkan sebuah aplikasi file manager.

ES File Explorer memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis menyertakan cukup banyak

iklan. Sedangkan versi berbayarnya sama sekali tidak ada iklan.

ASTRO File Manager

ASTRO File Manager adalah aplikasi lainnya yang juga cukup populer. Salah satu fitur unggulannya adalah mampu terhubung dengan layanan Cloud Storage mulai dari DropBox, Box, Box, Google Drive, dan One Drive.

Jika smartphone kamu memiliki memori eksternal, ASTRO juga bisa digunakan untuk mengatur memori tersebut. ASTRO juga bisa digunakan untuk mengatur file dari jaringan untuk memudahkan transfer file antar prangkat.

Kesimpulan

Jika smartphone android kamu memiliki aplikasi file manager bawaan dengan sedikit fitur, kamu bisa mengunduh

file manager pihak ketiga. Salah 5 nya adalah aplikasi file manager diats.

Beberapa bisa kamu nikmati secara gratis. Beberapa lainnya harus kamu tebus dengan beberapa belas ribu saja. Seharga satu porsi sate taichan.

Sumber:

https://galleta.co.id/starlost-apk/