BANDARA I GUSTI NGURAH RAI

BANDARA I GUSTI NGURAH RAI

BANDARA I GUSTI NGURAH RAI

Bali yang terkenal akan dunia pariwisata

membuatnya sebagai pulau yang harus memiliki bandara yang pantas. Adanya bandara internasional I Gusti Ngurah Rai melengkapi pesona bali sebagai pulau dewata. Berbagai penerbangan baik dari luar negeri maupun ke luar negeri memenuhi rute angkasa di bali.

Terletak tepat di Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali kurang lebih sekitar 13 km dari Kota Denpasar, bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tidak pernah terlihat sepi, terlebih saat musim libur tiba atau menjelang tahun baru. Berbagai pengunjung baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara membanjiri kedatangan di bandara I Gusti Ngurah Rai.

Bandara yang diambil dari salah satu nama Pahlawan Nasional Bali yaitu I Gusti Ngurah Rai ini didirikan pada tahun 1930 oleh Departement Voor Verkeer en Waterstaats atau semacam Departemen Pekerjaan Umum. Landasan pacu di bandara yang awalnya diberi nama Pelabuhan Udara Tuban ini memiliki pangan 700 m.

Pemerintah meresmikan Pelabuhan Udara Tuban menjadi bandar udara internasional pada tanggal 10 Agustus 1966, dan meresmikan perubahan nama Pelabuhan Udara Tuban menjadi Bali International Airport Ngurah Rai pada tanggal 1 Agustus 1969.

Pengembangan Fasilitas Bandara dan Keselamatan Penerbangan (FBUKP) dilakukan secara bertahap mulai dari tahap I pada tahun 1990 hingga 1992, tahap II pada 1998 hingga 2000 dan FBUKP tahap III meliputi pengembangan gedung terminal, apron, dan gedung parkir. Luas terminal domestik memiliki total luas mencapai 12000 m2.

Setiap tahun, diperkirakan penumpang di Bali mencapai 15 juta orang, tak heran jika bandara I gusti Ngurah Rai dijuluki sebagai bandara ramai dan bandara tersibuk nomor 3 di Indonesia. Fasilitas yang ada sudah cukup canggih namun juga tidak menghilangkan kesan lokal budaya Bali. Dengan demikian, Bali akan dikenal dengan pulau yang kental akan budaya namun juga mendunia.

Salah satu fasilitas yang ada dan cukup mengagumkan ialah kecepatan internet yang telah disediakan oleh bandara. Kecepatan akses internet mencapai 16 Mbps. Berbagai ornamen khas Bali serta pelayanan yang ramah dan didukung oleh pariwisata yang istimewa membuat Bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi penerbangan yang ramah dan khas.


Sumber: https://www.thorhammer.co.id/dragon-ball-z-apk/