Bercocok Tanam TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Bag. 1

Bercocok Tanam TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Bag. 1Bercocok Tanam TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Bag. 1

Yuk, manfaatkan sisa tanah di halaman rumah Anda dengan bercocok tanam tanaman obat untuk keluarga (TOGA).

Apa yang Anda lakukan saat anak Anda mengalami luka yang tak kunjung sembuh atau buang air besar selama berhari-hari? Anda pasti langsung memberikannya obat yang sudah tersedia di P3K atau langsung membawanya ke rumah sakit terdekat, kan. Namun, pernahkah Anda memikirkan untuk memberikannya obat-obatan alami seperti tanaman obat, misalnya? Selain tidak memiliki efek samping, penggunaannya mudah sekali. Perawatannya pun mudah, bahkan lebih mudah dibanding merawat tanaman hias. Itu karena, kebanyakan tanaman obat mudah tumbuh di mana saja (liar).

Berikut tanaman obat yang wajib Anda tanam di halaman rumah Anda dan beberapa tips penggunaannya menurut Endah Lasmadiwati (pemilik Taman Sringanis ).

Daun Sirih

Tanaman merambat ini sudah tak asing lagi sepertinya bagi kita, karena manfaatnya yang begitu besar. Agar terlihat lebih indah, Anda bisa membiarkan rambatannya menghiasi dinding dalam pagar rumah Anda. Air rebusan daun sirih sangat berguna sebagai obat batuk, bronchitis, menghilangkan bau badan, pendarahan pada gusi, dan gatal pada mata. Sedang air perasannya bisa mengobati luka bakar.

Daun Dewa

Anak-anak rentan sekali dengan yang namanya disentri. Tak perlu capek ke dokter, Anda bisa memberikan anak Anda rebusan air daun dewa ini. Selain itu, daun dewa juga bagus sebagai obat batuk dan kejang panas. Jika ada anggota keluarga yang mengalami luka memar dan berdarah, tumbuk beberapa helai daun/umbinya, balurkan ke kulit yang terluka untuk menghilangkan lebam dan menghentikan perdarahannya. Tanaman ini bisa langsung Anda tanam di tanah atau disusun di dalam pot.

Sambiloto

Tanpa disengaja, anak-anak kadang suka kemasukan sesuatu (benda atau binatang kecil) di telinganya. Untuk mengatasinya, ambil beberapa lembar dari sambiloto, memarkan, dan teteskan airnya ke telinga. Secara otomatis, benda yang ada di telinga anak akan keluar atau mati. Sambiloto juga bisa mengobati typus, infeksi mulut, radang saluran napas, sakit gigi, dan kencing manis. Ada baiknya Anda menanam tanaman ini secara bergerombol di satu area tanah agar terlihat lebih cantik.

Pacar Air

Tanaman pacar air tak hanya cantik dipandang karena warnanya yang ceria, tapi juga manfaatnya bagi kesehatan, lho. Misalnya saja untuk mengobati penyakit bisul, radang kulit, luka memar, bengkak, sakit perut, dan peluruh haid. Selain itu, pernahkah Anda memakan ikan dan durinya tertinggal di tenggorokan? Coba saja mengunyah akar tanaman ini dan menelannya dengan air hangat, pasti durinya akan cepat terlepas.

Daun Sendok

Sesuai dengan namanya, bentuk daunnya memang bulat menyerupai sendok. Secara tampilan, tanaman ini memang tidak terlalu bagus, tapi sarinya sangat manjur mengobati sariawan pada anak, batuk rejan dan kering, serta susah buang air besar. Selain itu, akarnya bisa mengobati salah urat (jika dicampur dengan minyak kelapa) serta keputihan.

Khasiat Tanaman Hias
Coba perhatikan tanaman hias yang ada pada halaman rumah Anda? Tahukah Anda, kalau ada beberapa tanaman di sana yang juga bisa digunakan sebagai obat.

Bunga Bougenville

Pernahkah Anda menyangka kalau tanaman berbunga kertas ini bisa melancarkan peredaran darah, mengobati keputihan, haid tak teratur, dan hepatitis? Caranya mudah, Anda cukup merebus kulit batang pohon bougenville dan kemudian meminum air rebusannya.

BUNGA SOKA

Tanaman soka terkenal karena warnanya, juga rasa manis pada ujung tangkai bunganya yang sangat disukai anak-anak. Ternyata, Kulit dari tanaman ini digunakan sebagai astringent dan penenang rahim (uterine sedative). Herbal ini bekerja langsung pada serat otot rahim yang merangsang endometrium dan jaringan ovarium. Caranya, siapkan 4 ons kulit tanaman, 4 ons susu, dan 16 ons air. Kemudian rebus semua bahan sampai air menguap. Ambil ramuan ini dan minum bersama dengan susu 2-3 kali dalam sehari selama mengalami menorhagia (haid berlebihan).

BUNGA MIANA

Beberapa waktu lalu tanaman jenis bayam-bayaman aneka warna ini sangat digandrungi sebagai tanaman hias. Ternyata tanaman ini juga bisa mengobati wasir. Ambil 7-8 lembar daun miana, 1 sendok adas, pulosari ukuran setengah jari, lalu rebus dengan 2 gelas air (500 ml) hingga tersisa 1 gelas. Minumlah air rebusan ini 2-3 kali sehari.

Sumber: https://robinschone.com/pokemon-go-tambah-kemampuan-trainer/