Bimbingan belajar tambahan

Bimbingan belajar tambahan

Bimbingan belajar tambahan
  1. Bimbingan belajar tambahan

Bimbingan belajar menurut Faizah (dalam Gideon, 2018) adalah suatu proses pemberian bantuan untuk siswa yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan belajar yang dihadapi siswa, untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Pendapat lain mengungkapkan bahwa bimbingan belajar merupakan sebuah bantuan yang diberikan kepada peserta didik yang bertujuan untuk memecahkan kesulitan dalam belajar baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Bimbingan belajar sendiri memungkinkan para peserta didik untuk mendapatkan berbagai bahan dari narasumber tertentu yang dinilai berguna untuk menunjang kehidupannya sehari-hari baik sebagai individu maupun sebagai pelajar, yang berguna sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan (Gideon, 2018).

  1. Media pembelajaran berbasis e-learning

Media adalah jembatan yang digunakan untuk menyebarkan suatu pesan, catatan, laporan, warta dan sejenisnya. Sedangkan media pembelajaran mencakup seluruh perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran di bidang pendidikan (Ramadhayanti, 2018). Dalam dunia pendidikan, internet dapat menjadi media pembelajaran berupa electronic learning atau yang dikenal juga dengan istilah e-learning. Munadi (dalam Ramdani, Rahmat, & Fakhruddin, 2018)mengemukakan bahwa e-learning dapat diartikan sebagai jenis media belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke peserta didik dengan menggunakan media internet atau media jaringan komputer lain.

  1. Bimbingan belajar berbasis mobile learning Ruangguru

Mobile learning (m-learning) merupakan kegiatan penggunaan perangkat teknologi komunikasi dan inforamsi genggam dan bergerak, seperti PDA, telepon genggam, laptop dan tablet PC, dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Salah satu bentuk pembelajaran online berbasis m-learning di Indonesia adalah aplikasi Ruangguru yang merupakan perusahaan teknologi dengan fokus pada layanan pendidikan. Ruangguru dinilai sebagai merupakan startup yang dapat dikatakan sebagai startup edutech yang sejauh ini paling komplit karena telah menggabungkan sejumlah fitur yang ada di hampir seluruh edutech yanga ada dalam satu kemasan.

Sebagai salah satu startup teknologi dan pendidikan terbesar di Indonesia, pada bulan Juli 2019 Ruangguru melakukan inovasi dengan menambang sejumlah fitur pembelajaran online yang bertujuan untuk mempermudah proses belajar mengajar melalui pembelajaran online berbasis m-learning Ruangguru. Fitur-fitur yang diberikan oleh Ruangguru tentunya dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna yaitu para peserta didik untuk lebih memahami materi pelajaran.

Sumber : https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/football-master-2019-apk/