Cara Membersihkan Kandang Kucing

Cara Membersihkan Kandang Kucing

Cara Membersihkan Kandang Kucing

Selain perawatan kucing, merawat kandang juga penting. Berikut dibawah ini adalah cara membersihkan kandang kucing yang baik dan benar untuk mencegah penyakit datang dan mengusir bau yang tidak sedap.

1. Sediakan Satu Kandang Kucing Kosong Yang Bersih

Menyediakan satu kandang kucing kosong yang bersih berguna untuk memindahkan kucing Anda ketika melakukan pembersihan kandang.

Selain itu bermanfaat juga untuk mencegah penyebaran penyakit pada kucing kesayangan Anda.

2. Kosongkan Kandang

Ambil semua yang ada dikandang termasuk makanan, piring air, pasir, selimut, pasir atau mainan yang ada didalam kandang tersebut.

Kemudian cuci semua dengan bersih dan rendam dengan cairan desinfektan untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme virus dan bakteri kuman penyakit yang bisa menyerang kucing Anda.

3. Semprot Kandang Dengan Cairan Desinfektan

Pastikan baca dulu aturan pakai cairan desinfektan khusus untuk kucing, kemudian campur dengan air lalu masukan ke dalam semprotan. Semprot ke semua bagian kandang secara merata.

4. Sikat Kandang

Gunakan sikat nilon yang keras untuk menggosoknya. Gosok bagian lantai, dinding, dan langit-langit setiap kandang.

5. Keringkan Kandang

Setelah proses penyemprotan kandang, biarkan hingga kering lalu lap dengan handuk hingga benar-benar kering secara menyeluruh.

Membersihkan kandang kucing dengan cairan desinfektan khusus untuk kucing juga dapat mencegah penyakit toxoplasma pada kucing yang dapat menular kepada manusia melalui kotoran.


Sumber: https://guruaria.com/