CARA MEMBUAT PERSEMAIAN BIBIT TANAMAN

CARA MEMBUAT PERSEMAIAN BIBIT TANAMANCARA MEMBUAT PERSEMAIAN BIBIT TANAMAN

Persemaian bibit tanaman

Persemaian bibit tanaman merupakan , proses awal budidaya suatu tanaman. Proses ini diperlukan untuk memudahkan perawatan ,sulam tanaman, yang nantinya diharapkan menghasilkan panen yang melimpah. dengan persemaian dapat mengontrol kebutuhan bibit,pertumbuhan bibit , perawatan bibit yang optimal , seleksi bibit yang bagus, Dibawah ini akan saya sampaikan cara membuat persemaian bibit tanaman.

Untuk media tanah memerlukan tanah yang gembrung dan halus pilihlah tanah yang ada dibawah pohon bambu kalau tak ada ya pilih tanah asal yang gembrung. Kemudian ayak seperti mengayak pasir agar butiran yang halus didapat dan yang kasar dipisahkan.
Campurkan tanah yang halus dan gembrung dengan SP 36 yang telah ditumbuk /dihaluskan,aduk hingga merata , kemudian siapkan plastic es lilin dengan diameter 4 cm dan potong 100 cm panjangnya agar mudah mengisi tanah kedalam plastic. Tali bagaian ujung plastic kemudian masukan tanah melalui ujung satunya ,dan tali bila telah penuh.
Lubangi plastic yang telah terisi dengan tanah menggunakan batang lidi dengan jarak 10 cm ,kemudian rendam beberapa menit plastic dengan air sampai basah merata tanah didalam plastic . angkat plastic dan tanah yang telah basah merata , kemudian potong plastic dengan ukuran panjang 4 � 5 cm. kemudian atur rapi memanjang sesuai keinginan.Pasang tajuk /sungkup dari plastic tranparan yang nantinya untuk melindungi persemaian dari terik matahari,embun dan air hujan.
Untuk proses persemaian bibit
Rendam bibit yang telah dipilh dengan larutan insektisida Ridomil,Marshal, dan zat pengatur tumbuh seperti Cruiser, GA 15,selama kurang lebih 6 jam, kemudian angkat dan bungkus dengan kain agar lembab untuk mempercepat proses perkecambahan, open bila perlu selama 10 jam.setelah itu buka bibit dalam kain dan bibit siap disemaikan di plastic polybag.

Kocorkan air ke plastic polybag hingga meresap keseluruh tanah didalamnya.buat lubang kecil di polybag untuk memasukan bibit dan masukan bibit ke polybag satu polybag satu biji, kemudian tutup dengan sedikit tanah agar per-akaran lebih kuat. Tutup permukaan polybag dengan karung goni untuk mendapatkan suhu hangat sehingga mempercepat pertumbuhan benih.buka tutup karung goni 2 hari kemudian / bila benih telah tumbuh.dan lanjutkan perawatannya.
Untuk perawatan selanjutnya , kocor bibit dengan air setiap pagi dan beri zat pengatur tumbuh agar pertumbuhannya cepat ,dan tidak lupa bersihkan bakal gulma di polybag bila ada . lakukan ini terus menerus sampai benih siap di pindahkan ke lahan / sawah.

Untuk bibit cabai , tomat, terong, kubis , siap dipindah ke lahan / sawah pada umur minimal 21 hari persemaian .
Sedang kan untuk bibit mentimun , gambas ,pare/peria,siap dipindah kan ke lahan / sawah pada umur 7 � 10 hari persemaian.
Demikian cara membuat persemaian bibit yang sering saya lakukan .
Semoga dapat diambil manfaatnya.

 

 

Sumber: https://fgth.uk/blackberry-mobile-bakal-hadirkan-kejutan-di-ifa/