Cara mengatasi Masalah Pembangunan Ekonomi Indonesia

Cara mengatasi Masalah Phttps://pelabuhan4.co.id/cara-mengatasi-masalah-pembangunan-ekonomi-indonesia/embangunan Ekonomi Indonesia

Indonesia memiliki banyak masalah (hambatan) dalam proses pembangunannya. Untuk itu maka pada makalah ini saya ingin membantu memecahkan masalah yang hadapi dalam rangka pembangunan Indonesia.

Langkah-langkah yang harus dijalankan :

v  Menekan tingkat pertumbuhan penduduk dengan menghimbau setiap warga untuk mematuhi program KB dan memjelaskan dampak buruk pertambahan pendduduk kepada masyarakat. Caranya : pengenalan alat kontrasepsi kepada masyarakat, penetapan pengertian seks sejak dini pada program pendidikan pemerintah, dan pemerataan penduduk dengan melakukan transmigrasi atau urbanisasi terkhusus untuk pulau jawa yang padat akan penduduk.

v  Mendisiplinkan warga negara dengan menerapkan sistem wajib militer untuk membentuk mental warga negara agar menjadi warga negara yang pentang menyerah. Selain itu hal ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan rasa nasionalisme bangsa.

v  Menerapkan program Entreprenuership pada program pendidikan sejak dini untuk mengubah persepsi warga negara yang awalnya bermental “pegawai” menjadi bermental “pengusaha” sehingga menghasikan pengusaha-pengusaha yang berintlektual tinggi yagn dapat menjadi motor penggerak perekonomian bangsa.

v  Mewajibkan seuruh warga negara untuk sekolah dan memperoleh pendidikan dengan biaya pendidikan yang murah. Pemerintah harus memantau pertumbuhan tingkat pendidikan masyarakat untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkompetensi, profesional, dan memiliki tingkat ketrampilan yang tinggi.

v  Pembangunan Infrastruktur negara yang terprogram dan tertata dengan baik sehingga meminimalkan tingkat kegagalan pembangunan. Pemerintah wajib mengadakan pemantauan terhadap segala kegiatan pembangunan di daerah Otonom.

v  Memberikan hukuman mati untuk pelaku kejahatan negara. Contohnya pelaku korupsi yang telah mendarah daging di Indonesia. Untuk mengurangi tingkat penyeludupan dan penggunaan dana oleh oknum-oknum yang tidak memiliki hati.

v  Menekankan penjahat “bukanlah manusia” sehingga menciptakan negara yang adil, bersih, dan jujur.

v  Merapkan pendidikan agama yang tinggi untuk seluruh masyarakat. Untuk menciptakan masyarakat yang takut akan Tuhan dan bertaqwa terhadap peraturan-peraturannya.

v  Mempermudah pemberian Surat Izin Usaha untuk para pengusaha. Untuk menekan jumlah pengangguran yang ada.

v  Pemberian sanksi yang tegas terhadap para pengusaha yang mencemari lingkungan.

v  Menekspor barang jadi kepasar global untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

v  Meninggalkan sistem kegiatan ekonomi tradisional.

Demikian saran yang dapat saya ajukan semoga setelah membaca makalah ini pembaca dapat membantu pembangunan negara Indonesia.

 

Sumber :

https://etrading.co.id/lipi-indonesia-akan-bentuk-konsorsium-riset-samudera/