Cara Menghemat Penggunaan Data Internet di Android

Cara Menghemat Penggunaan Data Internet di Android

 

Cara Menghemat Penggunaan Data Internet di Android
Cara Menghemat Penggunaan Data Internet di Android

Selain baterai yang cepat habis, salah satu permasalahan klasik para pengguna smartphone android adalah borosnya penggunaan data internet. Baru isi paket internet kemarin, tahu-tahu hari ini sudah habis Bukan sesuatu yang aneh memang. Karena pada dasarnya, hampir semua aktivitas smartphone android membutuhkan koneksi internet.

Mulai dari sinkronisasi data kontak, aplikasi-aplikasi yang berjalan, dan semacamnya. Penggunaan data internet di smartphone tidak bisa dihindari. Karena jika aliran data internet kamu nonaktifkan, maka banyak sekali aplikasi yang tidak bisa berjalan maksimal. WhatsApp, BBM, dan masih banyak lagi contohnya.

Namun, kamu bisa sedikit menghemat penggunaan data di smartphone android. Berikut ini adalah tips-tipsnya.

Gunakan aplikasi penghemat data

Jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi seperti saya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bawaan untuk menghemat penggunaan data internet. Bukan hanya smartphoone besutan Xiaomi saja, hampir semua vendor smartphone saat ini membekali perangkat besutan mereka dengan aplikasi penghemat data bawaan.

Selalu pantau penggunaan data dengan aplikasi resmi provider

Saat ini hampir semua provider di indonesia sudah memiliki aplikasi android resmi. Fungsinya bukan hanya untuk membeli paket internet, namun juga memantau sudah sebanyak apa data internet yang digunakan. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk terus memantau penggunaan internet kamu supaya tidak kelewat batas.

Tetapkan batas penggunaan data untuk setiap aplikasi

Well, terkadang ketika menggunakan suatu aplikasi, kita sering lupa diri dan akhirnya kuota internet habis dalam

hitungan jam. Untungnya, android punya fitur bawaan untuk membatasi penggunaan data aplikasi. Kamu bisa menggunakan fitur ini, jadi jika sudah sampai pada batas tertentu, aplikasi yang dipilih tidak akan bisa menggunakan internet lagi.

Gunakan peramban ringan

Salah satu aplikasi “pemakan” kuota terbanyak di smartphone android tentu saja adalah peramban. Untuk mengurangi penggunaan data internet yang digunakan oleh peramban, kamu bisa menggunakan peramban-peramban mini seperti Opera Mini, dan semacamnya. Beberapa peramban tersebut pernah saya bahas secara khusus di NGONOO.

Baca juga: 5 browser android paling ringan di android

Gunakan fungsi offline

Beberapa aplikasi memiliki fungsi offline. Artinya, dapat digunakan meskipun tidak ada sambungan internet.

Contohnya adalah Google Maps. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghemat penggunaan data internet.

Gunakan fitur kompresi data di Chrome

Mengingat Google Chrome adalah peramban terpopuler baik di desktop maupun di android, maka kemungkinan besar kamu juga adalah seorang pengguna Google Chrome. Untuk mengurangi penggunaan data internet di Google Chrome, kamu bisa mengaktifkan fitur data compression.

Update aplikasi hanya jika sedang terhubung wi-fi

Para pengembang aplikasi selalu memperbaharui aplikasinya hampir setiap minggu. Jika ada 20 aplikasi di

smartphone kamu, dan semuanya minta diperbaharui, maka amsyong lah kuota internet kamu. Karenanya, update lah aplikasi hanya jika kamu sedang terhubung di wifi.

Itu dia kiat-kiat sederhana untuk menghemat penggunaan data internet di smartphone android kamu. Dijamin, kuota internet kamu akan bisa bertahan sampai akhir bulan.

Sumber:

https://galleta.co.id/tank-hero-apk/