Codota mengambil $ 12 juta untuk platform AI yang secara otomatis melengkapi kode pengembang

Codota mengambil $ 12 juta untuk platform AI yang secara otomatis melengkapi kode pengembang

 

Codota mengambil $ 12 juta untuk platform AI yang secara otomatis melengkapi kode pengembang
Codota mengambil $ 12 juta untuk platform AI yang secara otomatis melengkapi kode pengembang

Berkat smartphone dan keyboard yang dirampingkan, autocomplete telah menjadi fitur yang hampir di mana-mana tentang bagaimana kita menulis hari ini. Untuk menyelamatkan kita dari detik-detik berharga dalam menyusun dan (setidaknya dalam kasus jempol saya) mengoreksi kata-kata, keyboard kita sekarang memberi kita saran tentang apa yang kita coba tulis untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sedikit lebih mudah. Tetapi penyusunan email dan pesan bukan satu-satunya bidang di mana kecerdasan buatan dan analitik semantik digunakan dengan cara ini. Hari ini, sebuah startup yang telah membangun platform yang menerapkan konsep ini ke dunia pengkodean mengumumkan putaran pendanaan untuk memperluas bisnisnya.

Codota , sebuah startup Israel yang menyediakan alat AI kepada pengembang untuk membiarkan mereka melengkapi serangkaian kode secara otomatis yang mereka tulis – dimaksudkan untuk mempercepat pekerjaan mereka (mengklaim untuk “meningkatkan produktivitas sebesar 25%”) dan untuk memastikan bahwa itu menggunakan sintaksis yang tepat dan ‘dieja’ dengan benar – telah mengambil $ 12 juta, Seri A yang dipimpin oleh e.ventures, dengan partisipasi juga dari pendukung sebelumnya Khosla Ventures, bersama dengan investor baru TPY Capital dan Hetz Ventures. Perusahaan sekarang telah mengumpulkan total $ 16 juta, dan tidak mengungkapkan valuasinya.

Pendanaan datang setelah Codota mengakuisisi salah satu pesaingnya yang lebih besar, TabNine , dari Kanada, akhir tahun lalu (diumumkan hanya pada bulan Maret) untuk memperluas jumlah bahasa yang dapat didukungnya. Sekarang dikatakan mendukung semua bahasa utama, termasuk Python, JavaScript, Java, C, dan HTML; dan beroperasi di lingkungan pengembangan terintegrasi utama seperti VSCode, Eclipse, dan IntelliJ.

Dana tersebut akan digunakan untuk memperluas jangkauannya ke rentang yang ada lebih lanjut, serta untuk membawa lebih banyak pelanggan. Hari ini, daftar orang-orang yang sudah menggunakan alat Codota sangat mengesankan. Ini termasuk pengembang dari perusahaan seperti Google dan Amazon, serta Netflix, Alibaba, Airbnb dan Atlassian, di antara banyak lainnya. Dikatakan basis penggunanya telah tumbuh lebih dari 1.000% pada tahun lalu, jumlah lebih dari 1 juta pengembang menggunakannya setiap bulan.

Berita pendanaan tersebut bertepatan dengan Codota meluncurkan versi baru pelengkapan otomatisnya untuk JavaScript yang menggabungkan teknologi semantik Codota dengan teknologi tekstual TabNine.

Dua nama pertama dalam daftar pelanggan di atas sangat mengejutkan, tetapi mereka menggarisbawahi apa yang menjadi fokus Codota dan tampaknya melakukan yang benar. Dua raksasa teknologi ini adalah pembangkit tenaga listrik AI dalam hak mereka sendiri; baik membangun dan mengirimkan set alat yang tangguh untuk pengembang; dan Google secara khusus adalah salah satu nama yang paling identik dengan pelengkapan otomatis melalui alat yang dibuat untuk Gmail.

Alasan Codota – yang didirikan pada tahun 2015 – memiliki daya tarik, kata salah satu pendiri dan CTO Eran Yahav, adalah karena pada kenyataannya pengkodean menjadi masalah yang sulit untuk dipecahkan oleh tim semantik, meskipun ada kemajuan dalam bahasa lain.

“Sampai beberapa tahun yang lalu itu tidak layak,” katanya, mencatat bahwa empat aliran teknologi datang bersama

ketika membangun penyelesaian otomatis untuk pengkodean: ketersediaan kode sumber terbuka berkualitas tinggi untuk memberi makan algoritma; kemajuan dalam analisis semantik untuk menggali wawasan dalam skala besar; kemajuan pembelajaran mesin yang pada dasarnya menurunkan biaya ML; dan sumber daya komputasi untuk menjalankan segala sesuatu di cloud untuk menjadikannya sesuatu yang semua orang dapat gunakan di mana saja. Dengan open source yang benar-benar booming, dan segala sesuatu yang lain datang, itu adalah badai yang sempurna yang disita Codota, bahkan ketika orang lain juga mengerjakan ini.

“Yang lain telah melakukan ini dengan berbagai tingkat keberhasilan,” kata Dror Weiss, salah satu pendiri dan CEO lainnya. “Aku menebak dan juga tahu bahwa orang lain melakukan hal yang sama.” Lainnya termasuk orang-orang seperti Kite , Ubisoft dan Mozilla , dan sejumlah lainnya .

Salah satu aspek yang telah dibangun Codota yang sangat tepat waktu saat ini adalah kemampuan tidak hanya untuk memberikan bantuan pengkodean yang lebih tepat kepada pengembang, tetapi untuk “mempelajari” apa praktik terbaik di lingkungan atau tempat kerja tertentu (ia menawarkan tingkatan individu dan perusahaan, dan yang terakhir menyediakan fitur ini). Ini dapat berguna dalam situasi apa pun, tetapi terutama saat ini ketika pengembang bekerja di rumah dan sendiri, memberi mereka bantuan instan seolah-olah mereka secara fisik berada di ruang yang sama.

Khususnya, sementara begitu banyak AI tampaknya bertekad pada gagasan sistem otonom, Weiss mengatakan

dengan tegas bahwa ini bukan niat jangka pendek atau bahkan jangka panjang.

“Saya tidak berpikir kami akan dapat menggantikan pengembang dan saya tidak berpikir kami ingin,” katanya. “Tujuan kami adalah untuk mengambil aspek duniawi dan berulang dan melakukannya untuk mereka.” Dalam hal itu tidak ubahnya RPA dalam fungsi back-office. “Bukan nilai tinggi untuk mengingat sintaksis dan praktik terbaik. Dan bahkan jika Anda memiliki komposisi tulisan yang cerdas dalam layanan konsumen, itu mungkin menyarankan kalimat tetapi tidak dapat membaca pikiran Anda dan memberi tahu Anda bagaimana Anda ingin merespons. Jadi sangat tidak mungkin untuk menggantikan Anda dan merespons bagaimana Anda ingin. Itu bahkan tidak ada dalam rencana jangka panjang kita. ”

e.bisnis tahun lalu mengumumkan dana $ 400 juta untuk investasi tahap awal, dan ini tampaknya keluar dari itu.

Dengan babak ini, mitra umum perusahaan Tom Gieselmann bergabung dengan dewan.

“Saya telah mengikuti pasar alat pengembang selama lebih dari 20 tahun dan percaya Codota telah membedakan dirinya sebagai pemain dominan dalam hal komunitas, produk, dan teknologi,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Kami dengan bangga mendukung Dror dan Eran dalam misi mereka untuk mentransformasikan pengembangan perangkat lunak dan membuat pengkodean lebih mudah dan lebih efisien untuk pengembang individu dan tim dalam perusahaan.”

Baca Juga: