Dasar Pemikiran, Fokus dan Tujuan Dalam Teori Kebidanan Reva Rubin

Dasar Pemikiran, Fokus dan Tujuan Dalam Teori Kebidanan Reva Rubin

Fokus dan Tujuan Dalam Teori
Fokus dan Tujuan Dalam Teori

Biografi Reva Rubin

Reva Rubin, mantan Universitas Chicago profesor yang merupakan salah satu spesialis pertama di keperawatan maternitas, telah meninggal pada usia 76.

Pejabat di University of Pittsburgh, tempat ia mengajar selama 21 tahun sebelum pensiun pada tahun 1981, kata Profesor Rubin meninggal 13 Mei karena serangan jantung di rumahnya di Harrisville, Dalam sejumlah studi kasus yang dia diamati dan didokumentasikan sebagai perawat, bidan dan guru, ia meneliti bagaimana ibu menggunakan berbagai indra-penglihatan, penciuman dan sentuhan-untuk menjadi akrab dengan bayi mereka.
Untuk mendorong bahwa ikatan yang ia mengamati, ia adalah seorang pendukung awal menjaga ibu dan bayi baru lahir bersama-sama sebanyak mungkin pada hari-hari pertama setelah kelahiran.
Pada tahun 1980-an, konsep bahwa ada waktu khusus yang tepat setelah lahir selama ibu menjadi emosional melekat pada bayi mereka mulai menerima kritik dari beberapa peneliti, meskipun perubahan dalam praktek rumah sakit bahwa penelitian tidak pernah dipertanyakan tempa.

Dia adalah penulis “The Identitas Ibu dan Pengalaman Ibu.”

Pada tahun 1972, dia adalah co-pendiri dengan temannya dan kolega profesional lama, Dr Florence Erickson dari Perawatan Anak Perawatan Ibu Journal, jurnal penelitian pertama di lapangan.

Bersama-sama, mereka juga mendirikan master dan program doktor dalam keperawatan di University of Pittsburgh.
Setelah lulus dari Hunter College di tahun 1941, ia pergi ke Yale untuk menerima gelar master dalam keperawatan di 1946 dan dalam kesehatan kesehatan mental pada tahun 1954.
Dia mengajar di Yale dan University of Chicago sebelum bergabung dengan University of Pittsburgh pada tahun 1960.

Teori Reva Ruben

Rubin adalah seorang perawat bidan di USA. Rubin mengembangkan penelitian dan teori tentang kesehatan ibu dan anak khususnya ibu bersalin. Penelitian dan pengamatan dilakukan selama lebih dari 20,tahun dengan lebih dari 6000 responden.

Tujuan Rubin adalah

mengidentifikasi bagaimana seorang perempuan mencapai peran menjadi seseorang dan hal apa sajakah yang memengaruhinya, baik yang bersifat positif maupun negatif.
Menurut Rubin seorang sejak hamil sudah mempunyai harapan sebagai berikut :
1. Memastikan keselamatan secara fisik, kesejahteraan ibu dan bayi.
2. Memastikan penerimaan masyarakat terutama orang-orang yang sangat berarti bagi ibu dan bayi.
3. Penentuan gambar identitas diri.
4. Mengerti tentang arti memberi dan menerima.

Perubahan yang umum terjadi pada perempuan ketika hamil adalah :

a. Cenderung lebih tergantung dan membutuhkan perhatian yang lebih baik, untuk bisa berperan sebagai calon ibu dan mampu memerhatikan perkembangan janinnya.
b. Membutuhkan sosialisasi.

Tahapan Psikososial (Psikososial Stage)

1) Anticipatory stage
Tahap ini ibu-ibu melakukan latihan peran dan memerlukan interaksi dengan anak yang lain.
2) Honeymoon stage
Ibu mulai memahami sepenuhnya peran dasarnya.. Pada tahap ini, ibu memerlukan bantuan anggota keluarga yang lain.
3) Plateu stage
Ibu akan mencoba dengan sepenuhnya apakah ia telah mampu menjadi ibu. Tahap ini membutuhkan waktu beberapa minggu dan ibu akan melanjutkan sendiri.
4) Disngagement
Merupakan tahap penyelesaian dimana latihan peran dihentikan. Pada tahapan ini peran sebagai orang tua belum jelas.

Reaksi umum pada kehamilan, biasanya swbagai berikut :

a) Trimester I
Ambiven, takut, fantasi, khawatir
b) Trimester II
Perasaan lebih enak, meningkatkannya kebutuhan untuk mempelajari tentang perkembangan dan pertumbuhan janin, menjadi narsistik, pasif, introvert, kadang egosentrik dan self centered.
c) Trimester III
Berperasaan aneh, semberono, jelek. Menjadi lebih introvert, mereflesikan terhadap pengalaman masa kecil.

D. Aspek Yang Diidentifikasi Dalam Peran Ibu Hamil
1) Gambaran tentang idaman
Sebuah gambaran ideal/positif mengenai perempuan yang berhasil melaksanakan perannya sebagai ibu yang baik. Seorang ibu muda akan mempunyai seseorang yang dijadikannya contoh bagaimana seharusnya menjadi seorang ibu.
2) Gambaran tentang diri
Gambaran mengenai dirinya sendiri dihasilkan melalui pengalaman. Gambaran diri seorang perempuan adalah bagaimana seorang perempuan tersebut memandang dirinya, sebagai bagian dari pengalaman diri, terkait dengan peran ibu yang akan dilakukan.
3) Gambaran tubuh
Perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan selama proses kehamilan dan perubahan spesifik yang terjadi selama kehamilan serta setelah melahirkan.

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/contoh-teks-ulasan/