EKOSISTEM Danau

EKOSISTEM Danau

EKOSISTEM Danau

v  1.Pengertian

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

            Danau berdasarkan jenis airnya :1. Danau air tawar yaitu danau yang berair tawar, danau jenis ini memiliki ciri yaitumemiliki pelepasan berupa sungai, contoh danau toba.2. Danau air asin yaitu danau yang berair asin dimana danau jenis ini tidak memliki pelepasan, karena merupakan akhir dari sungai dan pelepasan hanya merupakan penguapan saja. Contoh : Danau sentani (Papua).3.Danau air asam yaitu danau yang airnya berasal dari belerang. dan memiliki ciri : biasanya merupakan kawah gunung berapi yang berisi air hujan dan airnya berwarnahijau kekuning-kuningan. Contoh Danau Tangkuban perahu.

v  Ekosistem danau air tawar :Di danau terdapat pembagian daerah berdasarkan penetrasi cahaya matahari.

v  Daerah yang dapat ditembus cahaya matahari sehingga terjadi fotosintesis disebutdaerah

v  Daerah yang tidak tertembus cahaya matahari disebut daerah

v  Di danau juga terdapat daerah perubahan temperatur yang drastis atau

v  Termoklin memisahkan daerah yang hangat di atas dengan daerah dingin di dasar.Komunitas tumbuhan dan hewan tersebar di danau sesuai dengan kedalaman dan jaraknya dari tepi. Berdasarkan hal tersebut danau dibagi menjadi 4 daerah sebagai berikut.

v  .Daerah litoral 

Daerah ini merupakan daerah dangkal. Cahaya matahari menembus dengan0ptimal. Air yang hangat berdekatan dengan tepi. Tumbuhannya merupakantumbuhan air yang berakar dan daunnya ada yang mencuat ke atas permukaan air.Komunitas organisme sangat beragam termasuk jenis-jenis ganggang yang melekat(khususnya diatom), berbagai siput dan remis, serangga, krustacea, ikan, amfibi,


Sumber: https://penirumherbal.co.id/