Fungsi Sistem Ekonomi

 Fungsi Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi dapat berfungsi sebagai :

  1. Sarana pendorong untuk melakukan produksi
  2. Cara atau metode untuk mengorganisasi kegiatan individu
  3. Menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa terlaksana dengan baik.
  1. Jenis-Jenis Sistem Ekonomi

  2. Sistem Ekonomi Liberal-Kapetalis

Sistem liberal kapitalis awal/klasik Sistem ekonomi liberal kapitalis klasik berlangsung sekitar abad ke-XVII sampai menjelang abad ke-XX, dimana individu/swasta mempunyai kebebasan penguasaan sumber daya maupun pengusaan ekonomi dengan tanpa adanya campur tangan pemerintah untuk mencapai kepentingan individu tersebut, sehingga mengakibatkan munculnya berbagai ekses negatif diantaranya eksploitasi buruh dan penguasaan kekuatan ekonomi. Untuk masa sekarang, sitem liberal kapitalis awal/klasik telah ditinggalkan.

Sistem liberal kapitalis modern Sistem ekonomi liberal kapitalis modern adalah sistem ekonomi liberal kapitalis yang telah disempurnakan. Beberapa unsur penyempurnaan yang paling mencolok adalah diterimanya peran pemerintah dalam pengelolaan perekonomian. Pentingnya peranan pemerintah dalam hal ini adalah sebagai pengawas jalannya perekonomian

Sistem ekonomi liberal / pasar adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Sistem ekonomi ini menghendaki adanya kebebasan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi. Artinya, setiap individu diakui keberadaanya dan mereka bebas bersaing.

  1. Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Liberal
  2. Menerapkan sistem persaingan bebas
  3. Adanya pengakuan terhadap hak individu
  4.  Setiap individu bebas memiliki barang dan alat-alat produksi
  5. Kedaulatan konsumen dan kebebasan dalam konsumsi
  6. Motif mencari laba terpusat pada kepentingan sendiri
  7. Peranan modal sangat penting
  8. Peranan pemerintah dibatasi.

Sumber :

https://urbanescapesusa.com/