GANGGUAN KESEHATAN ANAK DI MUSIM PANCAROBA

GANGGUAN KESEHATAN ANAK DI MUSIM PANCAROBA

Saat pergantian musim yaitu musim pancaroba, seringkali memicu beragam penyakit. Perubahan cuaca yang terjadi, seperti cuaca panas yang bergantian cepat dengan turunnya hujan atau cuaca panas yang diselingin hujan berangin sesaat, membuat tubuh lebih mudah kena gangguan kesehatan, termasuk juga kesehatan si Kecil. Bila tubuh si Kecil kurang fit, si Kecil akan mudah terjangkit virus yang akan berpengaruh kepada mood anak untuk beraktivitas.

Beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul saat musim pancaroba ini antara lain influenza (flu), ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), demam berdarah, asma, gangguan kulit, sakit mata. Termasuk juga gangguan pencernaan, seperti diare atau demam tifoid (peradangan usus karena infeksi bakteri).

Untuk menjaga kesehatan si Kecil, yang harus Ibu perhatikan adalah:

Asupan makanannya. Si Kecil harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dengan jumlah yang cukup.

Berikan multivitamin dengan komposisi dan dosis yang tepat, sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Pastikan setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut anak terjamin kebersihannya. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan tempat makan si Kecil, ya Bu.

Menumbuhkan budaya cuci tangan dengan bersih, karena biasanya anak rentan terkena virus melalui tangannya.

Pastikan si Kecil istirahat dengan waktu tidur yang cukup, sehingga ia tidak merasa kelelahan atau mengantuk saat beraktivitas.

Kurangi aktivitas si Kecil di luar ruangan. Pencegahan ini dapat mengurangi resiko gangguan saluran pernapasan.
Tetap jaga kesehatan si Kecil, ya, Bu. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Sumber : https://www.youtube.com/redirect?q=www.pelajaran.co.id/