Green Building, Konsep BIJB Kertajati

Green Building, Konsep BIJB Kertajati

Green Building, Konsep BIJB Kertajati
Green Building, Konsep BIJB Kertajati

BANDUNG – Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)

Kertajati di Majalengka akan menggunakan konsep green building atau hijau dan ramah lingkungan. Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, usai rapat pertemuan pembahasan basic design terminal penumpang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di ruang Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22 Bandung pada Kamis (7/8).

Gubernur mengatakan konsep green building atau ramah lingkungan ini akan diterapkan tidak hanya ditandai dengan hutan kota di sekitar bandara, namun di bandara ini diterapkan pula efisiensi penggunaan energi penghematan energi dan air.

”Green di sini tidak hanya ditandai dengan hutan kota dan taman-taman asri di situ,

tapi pada saat yang bersamaan ditandai dengan mnggunakan energi matahari juga menggunakan air yang lebih efisien, karena di daur ulang”, jelas Ahmad Heryawan (Aher) kepada Wartawan.

Menurutnya, apabila konsep ini secara penuh diterapkan bandara yang ditargetkan beroperasi 2017 mendatang ini, akan menjadi bandara terindah di Indonesia bahkan dunia mengalahkan Bandara Incheon di Korea Selatan.

Gubernur menambahkan pelaksanaan pembangunan bandara ini akan melibatkan BUMN

, BUMD, dan pihak swasta. Untuk itu, sumber pendanaannya pun akan berasal dari APBN, APBD, serta investor swasta, sehingga nantinya Bandara Kertajati akan menjadi bandara pertama di Indonesia yang pengelolaan dan kepemilikan sahamnya dimiliki bersama oleh BUMN, BUMD, dan swasta.

”Perusahaan utama yang mengelolanya adalah gabungan dari AP (Angkasa Pura) II yang mewakili BUMN dengan PT BIJB yang mewakili BUMD Jawa Barat, dan apabila ini jadi akan menjadi sejarah baru karena semua bandara yang ada saat ini dikelola tunggal oleh AP II”, ujar Aher.

 

Sumber :

http://www.loljam.com/nukleus-dan-fungsinya/