Ikatan Kovalen Koordinasi Dan Contohnya

Koordinasi ikatan kovalen adalah ikatan kovalen yang terjadi di mana elektron dari pasangan elektron yang digunakan bersama berasal dari salah satu atom yang mengikat. Kondisi untuk pengikatan kovalen koordinasi yang merupakan atom sentral harus memiliki PEB (pasangan elektron bebas).

Dalam penjelasan sebelumnya dibahas ikatan kovalen telah menjelaskan bahwa pengertian ikatan kovalen adalah penggunaan bersama “elektronik” mitra (berbagi elektron). Pembentukan pasangan elektron sekutu tidak harus selalu datang dari dua sisi atom yang mengikat, tetapi hanya bisa berasal dari satu sisi, tetapi tetap menjadi milik bersama.

Jadi dalam hal ini ada donor (donor) dan sepasang elektron penerima (akseptor). Obligasi ini tentu saja ikatan kovalen dan sering dinyatakan secara khusus sebagai ikatan kovalen atau koordinasi koordinat ikatan kovalen dengan simbol dari donor panah atom ke akseptor, meskipun hal ini bukan suatu keharusan.

 

Contoh tautan koordinasi kovalen


1. Senyawa SO3
Atom 16S memiliki konfigurasi elektronik 2 8 6. Jadi atom ini memiliki enam elektron valensi. Atom 😯 memiliki konfigurasi elektron 2 6. Untuk membentuk SO3 senyawa yang memenuhi aturan oktet, sepasang elektron S atom berikatan dengan sepasang elektron dari atom O untuk membentuk ikatan ganda. Dua pasang elektron lain dari atom S akan membentuk dua ikatan kovaleen yang dikoordinasikan dengan dua atom O.
Ikatan Bond Koalisi
Dengan demikian, dalam senyawa SO3 ada ikatan ganda dan ikatan kovalen terkoordinasi.

2. Senyawa HNO3
Dalam ilustrasi struktur molekul molekul HNO3, elektron turunan dari atom H ditandai dengan (x), elektron dari N ditandai dengan (x) dan dari O elektron ditandai dengan (.).
Ikatan Bond Koalisi

Dengan demikian, dalam molekul HNO3 ada 3 ikatan kovalen dan 1 ikatan kovalen terkoordinasi.

3. NH3
Contoh dari ikatan koordinasi kovalen adalah senyawa amonia, NH3, yang terdiri dari tiga pasang elektron sekutu selama tiga ikatan kovalen tunggal N-H. Tapi karena atom N memiliki lima elektron valensi, masih ada sepasang elektron bukan ikatan atau sepasang elektron soliter.

Jika molekul NH3 bergabung dengan H + ion (hidrogen tanpa elektron) untuk membentuk ion NH4 +, maka hanya ada satu kesempatan untuk membentuk pasangan elektron yang berasal sekutu N atom sebagai koordinasi ikatan kovalen, yang dapat digambarkan menurut gambar berikut.
Ikatan Bond Koalisi
Fakta bahwa empat kovalen NH obligasi memiliki panjang ikatan yang sama menunjukkan bahwa representasi khusus ikatan kovalen koordinasi tidak berguna kecuali mereka menunjukkan hanya proses pembentukan pasangan sekutu elektron dan dengan demikian muatan ionik milik semua kelompok amonium.

4. NH4Cl
NH4Cl adalah contoh senyawa koordinasi kovalen. Pertimbangkan koordinasi kovalen pada NH4 + di bawah ini.
Ikatan Bond Koalisi
Senyawa NH4Cl dibentuk oleh NH4 + dan ion Cl-ion. Ion NH4 + dibentuk oleh molekul ion NH3 dan H +, sedangkan ion H + terbentuk ketika hidrogen melepaskan sebuah elektron.

Koordinasi ikatan kovalen diwakili oleh simbol elektron yang sama (dua titik). Tunjukkan bahwa pasangan elektron berasal dari atom yang sama.

Ikatan kovalen ditulis dengan tanda (-), sedangkan koordinasi kovalen ditulis dengan tanda (→). Jika NH4 + kontak dengan senyawa Cl-, NH4Cl akan terbentuk. Jadi, di kompleks NH4Cl ada tiga jenis obligasi, yaitu tiga ikatan kovalen, ikatan kovalen dan koordinasi ikatan ion (antara NH4 + ion dan ion Cl).

Ini adalah penjelasan dari ikatan kovalen koordinasi yang disertai dengan beberapa contoh tautannya. Kami berharap penjelasan di atas dapat bermanfaat. Namun, kami masih berharap saran konstruktif dari teman-teman

Sumber: Rumus.co.id