ILMU PENDIDIKAN PRAKTIS

ILMU PENDIDIKAN PRAKTIS

Bagian Praktis
A. Pendidikan dalam Lingkungan Keluarga
1. Pentingnya pendidikan dalam keluarga
Anak yang diserahkan kepada sekolah untuk dididik bukan berarti tanggung jawab pendidikan itu berada pada sekolah akan tetapi keluarga juga harus turut berperan dalam mendidik anak yang sedang berkembang. Keluarga bertanggung jawab atas anak-anaknya baik di rumah maupun di sekolah.
2. Peranan anggota keluarga terhadap pendidikan anak-anak
a) Peranan ibu
• Sumber dan pemberi kasih sayang
• Pengasuh dan pemelihara
• Tempat mencurahkan isi hati
• Dan lain-lain
b) Peranan ayah
1. Sumber kekuasaan di dalam keluarga
2. Pendidi dalam segi-segi rasional
3. Pelindung terhadap ancaman dari luar
4. Dan lain-lain
c) Peranan nenek
Nenek itu merupakan sumber kasih sayang yang mencurahkan kasih sayangnya yang berlebih-lebihan terhadap cucu-cucunya.
d) Peranan pembantu rumah tangga
Peranan pembantu rumah tanggal hanyalah sebagai pembantu dalam mengasuh dan mendidik anak-anak dalam keluarga.
3. Pengaruh lingkungan keluarga terhadap pendidikan anak-anak
Segala sesuatu yang ada dalam keluarga, baik yang berupa benda-benda dan orang-orang serta peraturan-perauran dan adat istiadat yang berlaku dalam keluarga itu sangat berpengaruh dan menentukan corak perkembangan anak-anak.
a) Pentunjuk-petunjuk penting bagi pendidikan dalam lingkungan keluarga
1) Usahakan suasana yang baik dalam lingkungan keluarga
2) Tetapi anggota keluarga hendaklah belajar berpegang pada hak dan tugas kewajiban masing-masing.
3) Orang tua serta orang dewasa lainnya dalam keluarga itu hendak mengetahui tabiat dan watak anak-anak.
4) Hindarkan segala sesuatu yang dapat merusak pertumbuhan jiwa anak-anak.
5) Dan lain-lain.
4. Beberapa kesukaran dalam pendidikan

1) Keras hati dan keras kepala

https://carbomark.org/league-of-masters-apk/