Jenis- Jenis Keterampilan Manajemen

Jenis- Jenis Keterampilan Manajemen

Jenis- Jenis Keterampilan Manajemen

Dalam suatu manajemen ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki:

  1. Keterampilan Konseptual ( Conceptional Skill )

Keterampilan konseptual yaitu kemampuan mental untuk mengkoordinasikan serta mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi. Hal ini mencakup keahlian manajer untuk melihat secar holistik antara bagian yang saling bergantung, memperoleh, menganalisa, serta menginterpretasikan seluruh informasi yang diterima dari berbagai macam sumber. Semakin tinggi tingkatan manajemen, maka kemampuan konseptual ini sangat dibutuhkan.

  1. Keterampilan Manusiawi (Human Skill)

Keterampilan manusiawi adalah kemampuan untuk bekerja dengan anggota, memahaminya, dan memotivasi orang lain, baik itu sebagai individu ataupun kelompok. Manajer memerlukan keterampilan manusiawi ini untuk memperoleh kecintaan dan partisipasi dari seluruh organisasi yang ada.

  1. Keterampilan Administratif (Administrative Skill)

Keterampilan administratif adalah kemampuan yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan juga pengawasan. Kemampuan administratif ini harus dimiliki oleh setiap manajer agar mampu mengikuti kebijaksanaan dan prosedur, serta mengelola dengan anggaran yang terbatas. Keterampilan administratif ini adalah perluasan dari keterampilan konseptual dimana manajer melakukan keputusan melalui penggunaan keterampilan administratifnya.

  1. Keterampilan Tekhnis (Technical Skill)

Keterampilan tekhnis yaitu kemampuan untuk menggunakan peralatan, tekhnik, prosedur, metode dari suatu bidang tertentu, seperti misalnya produksi, penjualan, akuntansi, dan lain sebagainya.

Selain dari keterampialan yang diatas, ada dua keterampilan yang perlu dimiliki yaitu:

  1. Keterampilan Manajemen Waktu

Keterampilan manajemen waktu merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana. Dapat kita ketahui bahwa setiap menit waktu yang terbuang akan sangat merugikan.

Namun demikian, waktu yang mereka miliki tetap merupakan aset berharga, dan menyia-nyiakannya berarti membuang-buang uang dan mengurangi produktivitas.

  1. Keterampilan Membuat Keputusan

Keterampilan membuat keputusan merupakan kemampuan untuk mendefenisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya. Kemampuahn memnbuat keputusan adalah yang paling utama bagi seorang manajer, terutama bagi kelompok manajer atas (top manajer). Terdapat tiga langkah dalam pembuatan keputusan. Pertama, seorang manajer harus mendefenisikan masalah dcari berbagai alternatif yang dapat diambil untuk menyelesaikannya. Kedua, manajer harus mengevaluasi setiap alternatif yang ada dan memilih sebuah alternatif yang dianggap paling baik. Yang ketiga, manajer harus mengimplementasikan alternatif yang telah ia pilih serta mengawasin dan mengevaluasinya agar tetap berada dijalur yang benar.


Baca Juga :