Kancil dan Buaya

Kancil dan Buaya

Di sebuah hutan, hiduplah sekelompok buaya yang sudah lama ingin merasakan nikmatnya daging kancil. Salah satu dari mereka pun berusaha mengikuti kancil untuk mengetahui aktivitasnya.

Suatu hari, kancil hendak pulang setelah mencari makan. Namun ia terkejut melihat buaya tiba-tiba muncul menghadangnya saat akan menyeberang sungai. Mengetahui ia hendak dijadikan santapan, ia pun berusaha mencari akal untuk melarikan diri.

Kancil lalu berkata bahwa ia sebenarnya ingin menyerahkan diri. Namun ia ragu apakah dagingnya cukup untuk semua buaya yang ada. Ia lalu meminta semua buaya di sungai untuk berkumpul dan berbaris agar ia bisa menghitung jumlah mereka.

Buaya-buaya itu mengikuti perintah kancil. Mereka pun berbaris dengan rapi hingga membentuk formasi yang menyerupai jembatan.

Dengan cekatan, si kancil melompati satu per satu punggung buaya sambil berhitung. Tak disangka, ternyata sampai di tepi sungai ia langsung melarikan diri. Para buaya pun kesal karena tertipu oleh kecerdikan kancil.

Kali ini, ada cerita dongeng anak sebelum tidur yang berasal dari Indonesia. Tokoh utama dari kisah ini adalah seekor kancil yang terkenal akan kecerdikannya.

Seperti kisah singa dan jakal sebelumnya, Anda bisa mengajarkan pada anak bahwa kecerdikan dapat mengalahkan kekuatan. Semoga saja anak jadi termotivasi belajar dan meningkatkan pengetahuannya.

Baca Juga :