Kelebihan dan Kelemahan dari metode Audit Through The Computer adalah

Kelebihan dan Kelemahan dari metode Audit Through The Computer adalah

Kelebihan dan Kelemahan dari metode Audit Through The Computer adalah
Kelebihan dan Kelemahan dari metode Audit Through The Computer adalah

Kelebihan:

v  Dapat meningkatkan kekuatan pengujian system aplikasi secara efektif.

v  Dapat memeriksa secara langsung logika pemprosesan dan system aplikasi.

v  Kemampuan system dapat menangani perubahan dan kemungkinan kehilangan yang terjadi pada masa yang akan dating.

v  Auditor memperoleh kemampuan yang besar dan efektif dalam melakukan pengujian terhadap system computer.

v  Auditor merasa lebih yakin terhadap kebenaran hasil kerjanya.

Kelemahan:

v  Biaya yang dibutuhkan relative tinggi karena jumlaj jam kerja yang banyak untuk dapat lenih memahami struktur pengendalian intern dari pelaksanaan system aplikasi.

v  Butuh keahlian teknis yang mendalam untuk memahami cara kerja sistem.

Perbedaan Audit Arround the Computer Dengan Audit Through The Computer

            Perbedaan antara audit around the computer dengan audit through the computer dilihat dari prosedur lembar kerja IT audit:

AUDIT AROUND THE COMPUTERAUDIT THROUGH THE COMPUTER
1.    Sistem harus sederhana dan berorientasi pada sistem batch.Pada umumnya sistem batch komputer merupakan suatu pengembangan langsung dari sistem manual

2.    Melihat keefektifan biaya.Seringkali keefektifan biaya dalam Audit Around The Computer pada saat aplikasi yang digunakan untuk keseragaman kemasan dalam program software

3.    Melihat keefektifan biaya.Seringkali keefektifan biaya dalam Audit Around The Computer pada saat apl Auditor harus besikap userfriendly.Biasanya pendekatan sederhana yang berhubungan dengan audit dan dapat dipraktekkan oleh auditor yang mempunyai pengetahuan teknik tentang komputer.ikasi yang digunakan untuk keseragaman kemasan dalam program software

1.    Volume input dan output.Input dari proses sistem aplikasi dalam volume besar dan output yang dihasilkan dalam volume yang sangat besar dan luas. Pengecekan langsung dari sistem input dan output yang sulit dikerjakan.

2.    Pertimbangan efisiensi.Karena adanya pertimbangan keuntungan biaya, jarak yang banyak dalam uji coba penampakan audit adalah biasa dalam suatu sistem.

Tool-Tool yang dapat digunakan untuk mempercepat proses audit teknologi informasi, antara lain:

v  ACL, ACL (Audit Command Language) merupakan sebuah software CAAT (Computer Assisted Audit Techniques) yang sudah sangat populer untuk melakukan analisa terhadap data dari berbagai macam sumber.

v  Picalo, Picalo merupakan sebuah software CAAT (Computer Assisted Audit Techniques) seperti halnya ACL yang dapat dipergunakan untuk menganalisa data dari berbagai macam sumber.

v  Powertech Compliance Assessment, Powertech Compliance Assessment merupakan automated audit tool yang dapat dipergunakan untuk mengaudit dan mem-benchmark user access to data, public authority to libraries, user security, system security, system auditing dan administrator rights (special authority) sebuah server AS/400.

v  Nipper, Nipper merupakan audit automation software yang dapat dipergunakan untuk mengaudit dan membenchmark konfigurasi sebuah router.

v  Nessus, Nessus merupakan sebuah vulnerability assessment software.

v  Metasploit, Metasploit Framework merupakan sebuah penetration testing tool.

v  NMAP, NMAP merupakan open source utility untuk melakukan security auditing.

v  Wireshark, Wireshark merupakan network utility yang dapat dipergunakan untuk meng-capture paket data yang ada di dalam jaringan komputer.

v  Tool-Tool yang dapat digunakan dalam IT Forensik, antara lain:

v  Antiword, Antiword merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menampilkan teks dan gambar dokumen Microsoft Word. Antiword hanya mendukung dokumen yang dibuat oleh MS Word versi 2 dan versi 6 atau yang lebih baru.

v  Autopsy, The Autopsy Forensic Browser merupakan antarmuka grafis untuk tool analisis investigasi diginal perintah baris The Sleuth Kit. Bersama, mereka dapat menganalisis disk dan filesistem Windows dan UNIX (NTFS, FAT, UFS1/2, Ext2/3).

v  Binhash, Binhash merupakan sebuah program sederhana untuk melakukan hashing terhadap berbagai bagian file ELF dan PE untuk perbandingan. Saat ini ia melakukan hash terhadap segmen header dari bagian header segmen obyek ELF dan bagian segmen header obyekPE.

v  Sigtool, Sigtcol merupakan tool untuk manajemen signature dan database ClamAV. sigtool dapat digunakan untuk rnenghasilkan checksum MD5, konversi data ke dalam format heksadesimal, menampilkan daftar signature virus dan build/unpack/test/verify database CVD dan skrip update.

v  ChaosReader, ChaosReader merupakan sebuah tool freeware untuk melacak sesi TCP/UDP/… dan mengambil data aplikasi dari log tcpdump. la akan mengambil sesi telnet, file FTP, transfer HTTP (HTML, GIF, JPEG,…), email SMTP, dan sebagainya, dari data yang ditangkap oleh log lalu lintas jaringan. Sebuah file index html akan tercipta yang berisikan link ke seluruh detil sesi, termasuk program replay realtime untuk sesi telnet, rlogin, IRC, X11 atau VNC; dan membuat laporan seperti laporan image dan laporan isi HTTP GET/POST.

Baca Juga :