KEUNTUNGAN PERJANJIAN ROEM ROYEN BAGI INDONESIA

KEUNTUNGAN PERJANJIAN ROEM ROYEN BAGI INDONESIA

KEUNTUNGAN PERJANJIAN ROEM ROYEN BAGI INDONESIA

1. INDONESIA MENDAPAT KEDAULATAN PENUH

Perjanjian Roem Royem merupakan perjanjian yang sangat penting bagi Indonesia, hal ini disebabkan dalam perjanjian tersebut termuat beragam isi yang mendukung Indonesia Merdeka. Pihak PBB telah setuju dan mengakui Indonesia sebagai salah satu negara yang berdaulat.

Oleh karena itu dalam perjanjian Roem Royem Indonesia mendapat banyak sekali keuntungan, salah satunya adalah Indonesia mendapat kedaulatan penuh. Disini Belanda harus menyerahkan kedaulatan Indonesia tanpa syarat sama sekali.

Dengan keputusan tersebut Indonesia secara resmi mendapat kedaulatan penuh, bebas melakukan pemerintahan, dan tidak ada tekanan lagi dari pihak Belanda. Sehingga Indonesia bisa berbenah pasca Agresi Militer Belanda II yang hampir membuat Indonesia hancur.

2. DIAKUINYA INDONESIA DI TINGKAT INTERNASIONAL

Setelah sekian lama berjuang melawan penjajah dari Belanda, Indonesia pertama kali diakui sebagai negara yang berdaulat adalah saat Perjanjian Roem Royen dibuat. Hal tersebut menjadi keuntungan yang sangat besar bagi Indonesia, dimana Indonesia bisa menunjukkan bahwa Indonesia bisa berdiri dan memerintah secara penuh di negaranya sendiri.

Banyak anggota PBB juga mulai memberi perhatian untuk Indonesia, bantuan mulai berdatangan untuk membuat Indonesia kembali memiliki sistem pemerintahan yang baik. Masyarakat juga mulai percaya dengan sistem pemerintahan yang ada.

Kepercayaan Indonesia semakin memuncak karena dalam Konferensi Meja Bundar nantinya Indonesia pasti memiliki keuntungan yang besar, hal ini disebabkan oleh Perjanjian Roem Royen yang telah membuat Indonesia percaya diri dalam membangun negara yang berdaulat secara penuh tanpa campur tangan negara lainnya.

3. KEAMANAN DAN KEDAMAIAN MULAI TERCIPTA

Keuntungan yang tak kalah menjadi perhatian adalah kondisi yang mulai dingin, agresi dan gerilya mulai dihentikan oleh kedua pihak. Hal tersebut sesuai dengan isi dari Perjanjian Roem Royen yang menyatakan bahwa Indonesia harus menghentikan gerilya, sedangkan Belanda dituntut untuk berhenti melakukan agresi militer kepada Indonesia.

Dengan berhentinya militer dari kedua belah pihak membuat suasana dami bisa tercipta, terutama saat menjelang Konferensi Meja Bundar segera dilaksanakan. Setelah Konferensi Indonesia secara sah memiliki hak serta kedaulatan penuh terhadap sebagian besar wilayah di Indonesia.

Dari segi keamanan ibu kota dan daerah Indonesia juga semakin baik, hal tersebut didukung dengan adanya beragam bantuan yang masuk ke Indonesia. Keamanan ini dijaga dengan baik oleh pasukan bersenjata yang dimiliki oleh Indonesia.


Baca Juga :