Konsep Geografi

Konsep Geografi

Konsep Geografi
Konsep Geografi

Memepelajari konsep geografi

Mempelajari konsep geografi meruppakan kesulitan tersendiri dalam pembelajaran geografi. Karena dalam konsep geografi ini jumlahnya banyak dan memiliki penafsiran ganda. Tetapi sebenarnya mempelajari konsep geografi ini juga tidak terlalu sulit, Ada beberapa kata kunci dalam memahami konsep geografi ini.

Konsep Morfologi

Konsep Morfologi Konsep yang berkaitan dengan bentuk muka bumi misalnya gunung,dataran rendah,dataran tinggi

Konsep Aglomerasi

Konsep Aglomerasi Konsep yang berkaitan dengan penegelompokakan fenomena sebagai contoh pengelompokan daerah industri,pengelompokan kampung suku tertentu Konsep Nilai Guna Konsep yang berkaitan dengan nilai suatu fenomena yang bersifat relatif artinya setiap orang menilai fenomena itu berbeda beda. Sebagai contoh fenomena letusan merapi, bagi orang di cangkringan selemat saat terjadi gunung meletus merupakan musibah karena kehilangan harta bendanya. Tetapi bagi orang disekitar sungai gendol merupakan anugrah, karena banyak pasir yang bisa ditambang pasca erupsi merapi.

Konsep Diferensiasi

Konsep Diferensiasi Area Konsep diferensiasi area merupakan konsep yang terkait dengan perbedaan antar fenomena. Sebagian besar penduduk di dataran tinggi bermata pencaharian di bisang pertanian. Sedangkan sebagian besar penduduk di pesisir bermata pencaharian sebagi nelayan.

Konsep Interaksi Interdependensi

Konsep Interaksi Interdependensi Konsep yang terkait dengan hubungan timbal balik antar fenomena. Sebagai contoh Penduduk desa menjaul hasil panen ke kota sedangkan dari kota membeli pakaian. Dalam contoh tersebut terdapat interaksi antara desa dan kota. Desa penghasil pertanian sedangkan di kota penghasil barang industri.

Konsep Keterjangkauan

Konsep Keterjangkauan Konsep yang terkait dengan akses transportasi dan telekomunikasi dengan kata lain mudah tidaknya suatu tempat untuk mengakses transportasi dan telekomunikasi. Contoh: Pendistribusian bantuan ke daerah bencana mengalami keterlambatan karena sulitnya jalur trasnportasi kedaerah bencana.

Konsep Jarak Konsep yang terkait dengan selisih kedua tempat

Konsep Jarak Konsep yang terkait dengan selisih kedua tempat. Jarak bisa berupa jarak relatif dan absolut. Jarak relatif, jarak yang dilihat dari waktu tempuh dan biaya. Jarak absolut, jarak yang dilihat dari satuan baku biasanya kilo meter (km). Misalnya daerah A dan B jaraknya dekat, Daerah A dan B jaraknya 70 km.

Konsep Keterkaitan Keruangan Konsep

Konsep Keterkaitan Keruangan Konsep yang menunjukkan hubungan antar fenomena. Sebagai contoh Banjir yang terjadi di Jakarta karena alih fungsi lahan di Bogor Konsep Pola Konsep yang terkait dengan bentuk fenomena, seperti mengelompok, memencar, memanjang. Sebagi contoh, permukiman di sekitar pantai mengikuti garis pantai. Konsep Lokasi Konsep yang terkait dengan letak suatu fenomena, baik secara absolut. Konsep absolut ditunjau dari letak lintang bujurnya sebagai contoh Indonesia terletak di 60 LU-110LS dan 950 BT-1410 BT.

Sumber :https://dosen.co.id/