LATAR BELAKANG PERJANJIAN ROEM ROYEN

LATAR BELAKANG PERJANJIAN ROEM ROYEN

LATAR BELAKANG PERJANJIAN ROEM ROYEN

Perjanjian Roem Royen dilaksanakan di hotel Des indes Jakarta, tepatnya berlangsung pada tanggal 14 april 1949 sampai dengan 7 mei 1949. Perjanjian ini dilatar belakangi oleh serangan pasukan TNI di Yogyakarta untuk merebut kembali kekuasaan, runtuhnya pemerintahan di Yogyakarta diakibatkan oleh adanya Agresi Militer Belanda II.

Serangan Indonesia tersebut membuat dunia Internasional mulai menyoroti hal ini, sehingga pihak PBB mendesak Belanda untuk melakukan perjanjian dengan Indonesia. Karena desakan tersebut akhirnya Belanda mau untuk melakukan perjanjian dengan Indonesia.

Sedangkan Indonesia sendiri merasa sangat dekat dengan kedaulatan mutlak setelah kemerdekaan, selain merebut kembali kekuasaan serangan Indonesia juga berguna untuk memperlihatkan pada dunia bahwa Indonesia masih hidup dan ingin mendapat kedaulatan mutlak.

PENTINGNYA PERJANJIAN ROEM ROYEN BAGI INDONESIA

Banyak sekali tokoh penting yang terlibat di perjanjian yang satu ini, ditambah dengan kondisi yang semakin memanas antara Indonesia dan Belanda membuat Perjanjian Roem Royen sangat penting untuk digelar. Apalagi menjelang Konferensi Meja Bundar terjadi banyak gerilya yang dilakukan oleh pasukan tentara Indonesia di wilayah Belanda.

Hal tersebutlah yang membuat Belanda ingin membuat perjanjian dengan Indonesia sebelum Konferensi Meja Bundar, hal ini bertujuan untuk meredam semakin panasnya medan perang yang terjadi antar TNI dengan pasukan Belanda khususnya di Yogyakarta. Padahal banyak TNI yang sudah tidak percaya dengan perjanjian yang dibuat oleh Belanda.

Panglima besar Jenderal Sudirman memerintahkan pasukan untuk tetap percaya dengan pemerintah, sehingga banyak pasukan yang mulai mundur dari garis kekuasaan Belanda. Pasukan TNI lebih memilih percaya dengan pemerintah dari pada terus melakukan gerilya, padahal adanya gerilya mulai membuat Belanda semakin terdesak.


Sumber: https://www.rajanego.co.id/heroes-of-destiny-apk/