LINUX vs ANDROID

LINUX vs ANDROID

LINUX vs ANDROID
LINUX vs ANDROID

Apakah Android bertentangan dengan Linux setelah penghapusan driver perangkat Android dari tree code sumber Linux ? Baru-baru ini, Greg Kroah-Hartman mengumumkan bahwa perangkat Google driver untuk Android, telah dihapus dari tree code sumber Linux. Tepatnya, driver telah dihapus dari “pementasan”, bagian dari tree code sumber Linux untuk kode yang belum di adopsi ke dalam arus utama dari kode kernel Linux.
Pementasan berfungsi sebagai tempat pusat untuk meninjau lebih mudah. Kode dalam “pementasan” dapat dihapus jika tidak dapat dipertahankan, seperti Microsoft ditemukan saat itu disampaikan driver untuk Hyper-V virtualisasi nya. Penghapusan atau ancaman penghapusan, bertindak sebagai bangun panggilan untuk para pengembang asli. Setelah kode telah diadopsi ke dalam garis-utama, jarang dihapus bahkan jika sang maintainer dari kode hilang.
Sekarang ada unsur-unsur kode khusus dalam kernel Linux Android, dan bagaimana hal itu menghadapkan dirinya ke program, yang tidak dalam kode Linux utama. Perbedaan-perbedaan ini akan membutuhkan beberapa teknik, rekayasa yang Google mungkin tidak ingin lakukan difokuskan membuat Android kompetitif di pasar ponsel.

Linux dalam Android
Linux adalah salah satu sistem operasi yang menyita banyak perhatian para pengguna komputer di seluruh dunia. Pada tahun 2004 diluncurkanlah Linux Ubuntu, di mana sistem operasi ini adalah merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain, yakni Debian. Ubuntu itu sendiri dibuat dengan tujuan : selalu gratis tanpa adanya biaya lisensi, bersifat open source (kode terbuka), dan siap untuk dipergunakan dalam kondisi yang stabil. Sejak pertama kali diluncurkan, Ubuntu mendapat perhatian yang sangat besar dari pengguna Linux yang lain. Hal ini disebabkan karena kestabilan yang dimiliki oleh Ubuntu itu sendiri. Selain itu kenyamanan dan kemudahan yang dimiliki Ubuntu menjadi daya tarik yang besar bagi pengguna Linux di seluruh belahan dunia.
Linux mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan windows. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka (open source). Kemudahan dalam menggunakan linux menjadi salah satu kelebihannya. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker karena masih berbasis teks (DOS). Namun, kini Linux mudah digunakan hampir semudah menggunakan Windows, bahkan masalah style pun, Linux lebih baik dari Windows 7. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux karena banyak komunitas-komunitas pengembangnya, semisal sourceforge.net. , atau bila terpaksa kita bisa menjalankan software untuk Windows di Linux dengan bantuan emulator seperti Wine sehingga file .exe dan .msi dapat dijalankan.
Dari segi Keamanan. Hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Linux sejak awal didesain multi-user, sehingga bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Beberapa orang berpendapat bahwa Linux lebih aman karena jumlah penggunanya lebih sedikit dibanding Windows, namun anggapan itu tidaklah tepat. Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.
Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras, seperti kasus file .docx (Word 2007-2010) yang tidak bisa dibuka dengan Microsoft Word 2003 atau versi dibawahnya.
Linux membutuhkan resource yang lebih kecil dari Windows, sehingga cocok untuk komputer dengan spesifikasi minimal. Selain itu hampir semua distro populer menyediakan versi 32 bit maupun 64 bit. Linux dapat berjalan dalam dua mode, modus teks dan modus GUI namun pada umumnya modus teks (terminal) ini lah yang menjadi kekuatan Linux. Modus GUI sendiri memiliki banyak pilhan desktop environment-nya seperti KDE, Gnome, BlackBox, XFCE.

Belum lama ini Google telah mengeluarkan Operating System guna menyaingi Windows, Apple dan pesaing-pesaingnya. OS buatan raksasa internet ini diberi nama Google Android. Apakah System Android OS yang baru2 ini telah menemui anda menerusi gadget IT terbaru seperti Iphone, Ipad ataupun tablet pc? Android adalah system operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, danNvidia.
Karena android merupakan sistem operasi Linux untuk perangkat mobile seperti smartphone dan komputer tablet, pastinya pada keunggulan android tidak jauh beda dengan kenggulan linux itu sendiri. Sama seperti halny linux android juga bersifat terbuka karena berbasis linux yang memang open source jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja.
Akses mudah ke Android App Market, pemilik android adalah orang yang gemar utak atik handphone, dengan Google Android App Market anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ponsel Android, beda sekali dengan iOS yang terbatas pada iphone dari Apple, maka Android punya banyak produsen, dengan gadget andalan masing masing mulai HTC hingga Samsung. Anda bisa mengganti baterai, mass storage, diskdrive, dan USB tethering
Sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bahkan anda tidak akan terlewat dalam hal misscall sekalipun. Sistem operasi Android mendukung semua layanan dari google mulai dari Gmail sampai Google reader. semua layanan google bisa anda miliki dengan satu sistem operasi yaitu Android.
Selain yg telah di sebutkan, pada android ada banyak custom ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android, dan dijamin tidak akan membahayakan perangkat anda.

Sumber : https://apartemenjogja.id/