Macam Akhlak / Pembagian Akhlak

Macam Akhlak / Pembagian Akhlak

Macam Akhlak
Macam Akhlak

 

Macam Macam Akhlak Berdasarkan Arahnya

Sebelum kita sebutkan beberapa macam akhlak diatas, sumber atau asal dari akhlak perlu anda ketahui yaitu dalam beberapa sumber dituliskan bahwa akhlak berasal dari Agama (Sepertinya lebih mengarah ke akhlak yang baik), ada juga yang menuliskan berdasarkan perilaku yang diulang ulang (dapat berarti kebiasaan) artinya bersumber dari lingkungan sosial. Ada juga yang menambahkan bahwa sumber akhlak juga dari moral (Tetapi sepertinya, tetap sepertinya lebih banyak melahirkan akhlak baik, kecuali pada beberapa bangsa, ataupun kepercayaan adat yang mistis seperti menganut animisme ataupun satanis).

Macam Macam Akhlak Berdasarkan Arahnya

Seperti yang disebutkan pada beberapa pengertian akhlak diatas, bahwa terdapat dua arah dari akhlak yaitu pertama, akhlak kepada Allah swt. dan kedua, akhlak kepada ciptaan-Nya. Akhlak kepada Allah swt artinya perilaku yang dilakukan oleh manusia atau individu kepada Allah swt. baik itu baik ataupun buruk, Adapun untuk mengetahui akhlak tersebut baik ataupun buruk, dapat ditentukan berdasarkan ketentuan dalam Al-Qur’an dan As Sunnah.
Macam macam akhlak berdasarkan arahnya yang kedua adalah kepada ciptaan-Nya. Dijelaskan diatas bahwa abiotik dan biotik. Segala sesuatu yang ada adalah ciptaan-Nya. Oleh karena itu, dapat dibagi kepada sesama manusia, akhlak terhadap hewan, akhlak terhadap tumbuhan, akhlak terhadap lingkungan, akhlak terhadap negara, akhlak terhadap keluarga, dan banyak lagi macam akhlak terhadap makhluk ciptaan-Nya.

Macam Macam Akhlak Berdasarkan Kualitasnya

Hal ini sudah jelas, yaitu terbagi atas dua macam yaitu akhlak baik dan akhlak buruk. Akhlak baik atau Al-Hamidah secara sederhana adalah perbuatan yang memberikan anda pahala sedangkan akhlak buruk atau Adz-Dzamimah berarti perbuatan yang memberikan anda dosa. Hal ini sudah tentu diterangkan oleh kitab kitab suci Agama.
Akan tetapi bagaimana apabila ada perbuatan yang tidak diterangkan dalam kitab suci tertentu. Mudah, untuk membedakan bahwa akhlak tersebut baik atau buruk maka dapat dilihat dari tujuan dari perbuatan tersebut, proses yang dilakukan dalam berbuat dan akibat yang terjadi dari perbuatan tersebut.

Sekian penjelasan tentang pengertian akhlak dan macam macam akhlak diatas, Wassalam.

Pengertian Akhlak dan Macam Macam Akhlak

Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 4 (2007) oleh Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI diterbitkan oleh IMPERIAL BHAKTI UTAMA
Pemimpin Adiluhung: Genealogi Kepemimpinan Kontemporer (2006) oleh Berliana Kartakusumah dan diterbitkan oleh Penerbit Blantika di Jakarta Selatan.
Karakteristik Umat Terbaik: Telaah Manhaj, Akidah, dan Harakah (1996) oleh Prof. Dr. Ali Abdul Halim Mahmud diterbitkan oleh Gema Insani Press di Jakarta.

Sumber : http://www.littlegirltravels.com/tips-ajarkan-anak-untuk-jaga-kesehatan-mulut/