Magelang Pilot Project Aplikasi Pelaporan Dana BOS

Magelang Pilot Project Aplikasi Pelaporan Dana BOS

Magelang Pilot Project Aplikasi Pelaporan Dana BOS
Magelang Pilot Project Aplikasi Pelaporan Dana BOS

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah bekerjasama

dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) menggelar acara Peluncuran Program Pengabdian Masyarakat Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN berupa aplikasi pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Kegiatan launching aplikasi tersebut dilaksanakan di Kantor Disdikbud Kabupaten Magelang, Jalan Soekarno – Hatta, Mungkid. Kerjasama antara Disdikbud Kabupaten Magelang dengan PKN STAN sebenarnya telah diinisiasi sejak awal 2019 silam.

Sebagai bentuk dari program pengabdian masyarakat, STAN membuat aplikasi web base

tersebut secara gratis untuk SMP Negeri. Ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pengelolaan dana BOS reguler. Penggunaan dana BOS diatur dengan Permendikbud nomor 18 tahun 2019 tentang Juknis BOS.

Pembuatan aplikasi ini tidak lepas dari kondisi bahwa, adanya masalah dalam pengelolaan dana BOS. Diantaranya Sumber Daya Manuasia (SDM) pengelola BOS bukan berlatarbelakang dari sarjana ekonomi. Dengan demikian, diperlukan aplikasi yang lebih praktis dan komprehensif untuk mempermudah pelaporan dana BOS.

“Tentu kami sangat menyambut baik kerja sama ini, karena menjadi salah satu pencerah

atau jalan keluar untuk penataan BOS yang lebih baik. Aplikasi ini diharapkan akan lebih mudah, cepat, tepat dan benar sesuai dengan aturan tentunya,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Magelang, Drs. Muh Rofi, M.Pd.

Aplikasi tersebut sebelumnya sudah diujicobakan di delapan sub-rayon SMP. Masing-masing rayon diwakili satu sekolah diantaranya SMPN 1 Salam, SMPN 1 Muntilan, SMPN 1 Salaman, SMPN 1 Mungkid, SMPN 2 Mertoyudan, SMPN 1 Tegalrejo, SMPN 1 Bandongan dan SMPN 1 Grabag.

 

Sumber :

https://mhs.blog.ui.ac.id/lili.ariyanti/2018/01/03/sejarah-berdirinya-candi-borobudur/