Materi Hati Pada Manusia

Materi Hati Pada Manusia

Materi Hati Pada Manusia

Salah satu fungsi hati yang sangat penting adalah menetralkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi. Hati ialah kelenjar terbesar yang ada di dalam tubuh dan terletak di dalam rongga perut sebelah kanan, yaitu di bawah diafragma. Berdasarkan fungsinya, hati termasuk ke dalam salah satu alat ekskresi.

Hal ini karena hati dapat membantu fungsi ginjal yaitu dengan memecah beberapa senyawa yang sifatnya racun serta menghasilkan asam urat, urea, dan amonia dengan cara memanfaatkan nitrogen yang berasal dari asam amino. Istilah lain dari proses pemecahan senyawa racun oleh hati adalah detoksifikasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian hati dan fungsi hati.

Pengertian Hati

Hati ialah suatu kelenjar terbesar dan juga kompleks yang ada di dalam tubuh, berwarna merah kecoklatan serta memiliki beragam fungsi, salah satunya adalah membantu dalam pencernaan makanan dan metabolisme zat gizi. Hati memiliki berat sekitar 1300-1550 gram dan memiliki banyak pembuluh darah serta lunak.

Hati terdiri dari :

  1. Lobus kiri dan lobus kanan, dengan ukuran pada lobus kanan yang lebih besar jika dibandingkan dengan lobus kiri.
  2. Lobulus. Hati disusun oleh lobulus-lobulus kecil serta tersusun dalam kolom.
  3. Vena sentralis yang ada pada bagian tengah tiap lobulus. Vena bergabung menjadi vena lebih besar serta membentuk vena hepatika yang akan menuju ke vena kava inferior.
  4. Kantung empedu, adalah bagian dari sistem empedu yang mempunyai fungsi dalam reservoir penyimpanan bagi empedu.
  5. Diafragma, merupakan membran otot yang memisahkan dada dari perut.
  6. Lakuna, merupakan suatu ruangan yang memisahkan antara satu lobulus dengan lobulus yang lainnya.

Hati adalah kelenjar yang berperan penting dalam metabolisme, termasuk diantaranya sebagai pengatur simpanan glikogen, produsen hormon, sintesa protein plasma, dan dekomposisi sel darah merah. Hati ialah kelenjar pencernaan tambahan yang memproduksi empedu, senyawa alkali yang dapat membantu proses pencernaan dengan melalui emulsi lipid.

Kantung empedu adalah kantung kecil yang terletak tepatnya dibawah hati dan berfungsi sebagai penyimpan empedu yang diproduksi oleh hati. Jaringan tissue yang ada di hati dapat disebut sebagai hepatocytes.

Hepatocytes memiliki fungsi sebagai pengatur reaksi biochemical yang beragam termasuk sintesis atas molekul-molekul kecil yang kompleks, molekul-molekul kecil tersebut berperan penting untuk fungsi vital manusia. Estimasi total dari fungsi hati sangat bervariasi, namun pada buku penelitian biasanya fungsi hati mempunyai sekitar 500 fungsi bagi tubuh.

Hati pada bahasa Yunani disebut sebagai hepat. Pada saat ini belum ada cara untuk menggantikan fungsi hati dalam jangka panjang, meskipun terdapat teknik dialysis hati yang dapat untuk digunakan sebagai pengganti fungsi hati jangka pendek. Transplantasi hati merupakan cara guna menyelesaikan permasalahan kegagalan hati total. Untuk lebih lengkapnya, berikut struktur hati.

Struktur Hati

Hati adalah organ berbentuk baji dengan memiliki warna cokelat kemerahan serta mempunyai 4 lobus dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Hati pada manusia biasanya mempunyai berat sekitar 1,44 kg -1,66 kg. Hati ialah suatu organ internal yang terberat pada tubuh manusia serta menjadi kelenjar terbesar dalam tubuh.

Hati terhubung dengan 2 (dua) pembuluh darah besar, yaitu : Arteri Hepatic dan Pembuluh Portal. Arteri hepatic membawa aliran darah yang kaya akan oksigen dari aorta, sedangkan pembuluh portal membawa aliran darah yang kaya nutrisi yang berasal dari hasil pencernaan dari sistem gastrointestinal serta dari pankreas dan limpa.

Pembuluh darah ini dibagi menjadi beberapa kapiler-kapiler kecil yang dikenal sebagai sinusoid, yang akan berujung pada lobules. Lobulus merupakan unit fungsional dari hati. Masing-masing lobulus dibuat dari jutaan sel hepatic yang merupakan suatu sel metabolis dasar.

Lobulus tersebut kemudian ditahan supaya tetap bersama oleh jaringan tissue areolar yang mana merupakan struktur tambahan pada hati dengan menyertai saluran pembuluh yaitu vena dan arteri serta melalui portal hepatic, sebagai suatu kapsul fiber yang dapat disebut dengan kapsul Glisson. Seluruh permukaan hati dilapisi oleh suatu lapisan serous dari peritoneum serta mempunyai lapisan fiber. Berikut fungsi hati.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/