Menag keluhkan anggaran pendidikan agama

Menag keluhkan anggaran pendidikan agama

Menag keluhkan anggaran pendidikan agama
Menag keluhkan anggaran pendidikan agama

Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Suryadhrma Ali menyatakan bahwa a

nggaran di Kementerian Agama saat ini sangatlah besar. Namun besarnya anggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut diyakini Suryadharma masih kurang sampai saat ini.

Khususnya untuk anggaran biaya pendidikan agama yang ada di bawah naungan Kementerian Agama. “Berapapun besarnya anggaran yang ada di Kementerian Agama, masih kurang. Biaya pendidikan keagamaan masih jauh dari cukup, anggaran tersebut harus jadi beban bersama,” kata Suryadharma Ali saat meresmikan Gedung FISIP UIN Jakarta, Ciputat, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2013).

Suryadharma pun menegaskan bahwa semua pemerintah daerah (pemda) harus turut menyumbangkan sebagian dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk membantu Kementerian Agama (Kemenag) dalam urusan pendidikan agama.

Sayangnya sampai saat ini, pemerintah daerah (Pemda)

masih ragu-ragu dalam menggunakan APBD-nya untuk pendidikan agama,” papar Suryadharma.

Suryadharma pun mengeluhkan hampir seluruh pemda selalu melemparkan urusan agama kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian Agama.

Selalu saja pemda mengatakan urusan agama adalah urusan pusat yang belum

didesentralisasikan,” tegas Suryadharma.

Untuk itu, Suryadharma Ali meminta kepada seluruh Pemda agar dapat bekerja sama dengan Pemerintah Pusat, khususnya terkait dengan urusan pendidikan keagamaan.

Menteri Agama resmikan Gedung FISIP UIN Jakarta

 

Sumber :