Mengenal Hukum Hardy-Weinberg

Mengenal Hukum Hardy-Weinberg

sudah dulu mendengar tentang Hukum Hardy-Weinberg? Hukum Hardy-Weinberg merupakan salah satu hukum yang berperan mutlak dalam mekanisme evolusi. Sekarang kami mulai mengenal Hukum Hardy-Weinberg lebih lanjut, yuk!

Hukum Hardy-Weinberg ditemukan oleh W. Weinberg, seorang fisikawan, dan G.H. Hardy, seorang matematikawan, pada th. 1908. Kedua ahli tersebut berasal dari Inggris. Apa sih sesungguhnya isikan dari Hukum Hardy-Weinberg?

Wah, alel dan gen itu apa, sih? Alel adalah gen yang memiliki posisi pada kromosom yang sama, tapi memiliki cii-ciri begitu banyak ragam yang disebabkan mutasi pada gen aslinya. Sedangkan layaknya yang udah kami semua ketahui, gen adalah unit yang mewariskan cii-ciri kepada tiap-tiap individu. Jangan sampai lupa, ya!

Syarat Berlakunya Hukum Hardy-Weinberg

Ada beberapa keadaan yang mengakibatkan Hukum Hardy-Weinberg dapat berlaku. Apa saja, ya? Salah satu keadaan yang mensyaratkan berlakunya hukum ini adalah jumlah populasi yang besar. Populasi yang besar tersebut sangat mungkin terjadinya perkawinan acak dan tingkat fertilitasi dan viabilitas yang sama tingginya. Selain itu, keadaan lain yang sangat mungkin untuk terjadinya Hukum Hardy-Weinberg adalah tidak ada mutasi, seleksi alam, dan migrasi. Oh iya, kalau Hukum Hardy-Weinberg terjadi, maka evolusi tidak akan terjadi. Sebaliknya, evolusi berjalan kalau Hukum Hardy-Weinberg tidak berlaku. Diingat ya, Squad! https://www.biologi.co.id/

Rumus Hukum Hardy-Weinberg

Setelah mengetahui penjelasannya, kalian penasaran nggak sih, bagaimana langkah menghitungnya? Buat kamu-kamu yang penasaran, yuk lihat rumusnya di bawah ini!

Nah, sekarang anda udah lebih paham, kan? Ternyata mekanisme evolusi dapat dihitung dengan manfaatkan Hukum Hardy-Weinberg ini, ya.