Pembentukan Harga

Pembentukan Harga

Pembentukan Harga

Pembentukan harga tidak akan lepas dari pengaruh penawaran (supply) dan permintaan (demand). Harga akan terbentuk apabila penawaran dan permintaan bertemu pada satu titik yang disebut dengan titik keseimbangan pasar yang akan dibahas pada sub bab selanjutnya.

2.2.1        Permintaan (demand)

Permintaan merupakan jumlah suatu barang yang diminta semua pembeli dalam pasar pada berbagai tingkat harga.[4] Dari pengertian tersebut dapat dijelaskan bahwa besar kecilnya permintaan tergantung dari pembeli tersebut. Banyak hal yang mempengaruhi besar kecilnya permintaan.

Dalam pengertian lain disebutkan bahwa permintaan (demand) adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga, tingkat pendapatan, dan periode tertentu.[5]

Berikut adalah faktor yang menyebabkan besar kecilnya permintaan:

  1. Harga barang itu sendiri.
  2. Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut.
  3. Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat.
  4. Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat.
  5. Cita rasa masyarakat.
  6. Jumlah penduduk.
  7. Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang.[6]

Teori permintaan sendiri membahas tentang hubungan antara harga dan jumlah pemintaan. Jumlah permintaan (quantity demanded) merupakan jumlah barang yang ingin dibeli oleh pembeli dan ia mampu untuk membelinya.[7]

Pada teori maupun kenyataannya apabila harga suatu barang yang diminta semakin tinggi maka jumlah barang yang diminta akan semakin turun. Hubungan dari dua hal tersebut disebut dengan hukum permintaan (law of demand). Dari hubungan dua hal tersebut dapat dibuat kurva permintaan. Berikut adalah tampilan daru kiurva permintaan :

Gambar 1.1 Kurva Permintaan

                Berdasarkan kurva permintaan di atas dapat terlihat apabila harga suatu barang semakin tinggi maka permintaan akan menurun.

Apabila segala faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan tidak berubah termasuk harga maka kurva permintaan akan tetap stabil. Apabila ada sesuatu yang mempengaruhi tingkat permintaan maka kurva permintaan akan bergeser.

Terdapat beberapa faktor penting yang menyebabkan suatu kurva permintaan bergerak, berikut adalah beberapa faktor tersebut:

  1. Pendapatan

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/