Pemecahan Permasalahan Akibat Keberagaman Budaya

Pemecahan Permasalahan Akibat Keberagaman Budaya

Pemecahan Permasalahan Akibat Keberagaman Budaya
Pemecahan Permasalahan Akibat Keberagaman Budaya
Adapun beberapa masalah sosial yang dihadapi masyarakat pada umumnya sebagai berikut;

1. Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok keluarga secara wajar / layak, yang disebabkan oleh penghasilan kecil/sedikit. Misalnya: makan tidak bisa 3 kali sehari dengan gizi yang cukup dan tidak mampu membiayai sekolah anakanaknya.

2. Kejahatan

Kejahatan merupakan perilaku melawan hukum atau norma yang berlaku untuk memperoleh keuntungan bagi diri atau kelompoknya. Dalam kehidupan modern ditemukan adanya gejala “white collar crime” atau “kejahatan kerah putih”, suatu bentuk kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang berduit untuk melawan hukum. Misal: melakukan penyuapan, manipulasi data untuk menghindari pajak, dan korupsi. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)

3. Disorganisasi keluarga

Disorganisasi keluarga adalah perpecahan keluarga sebagai suatu unit, karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajibannya sesuai dengan peranan sosialnya. Disorganisasi keluarga dapat berupa: perceraian, hilangnya komunikasi antaranggota keluarga, hubungan di luar perkawinan, perselingkuhan, dan krisis keluarga.

4. Masalah generasi muda dalam masyarakat modern

Masalah generasi muda pada umumnya ditandai dengan keinginan untuk melawan dan sikap yang apatis. Masalah generasi muda muncul karena kurangnya penanaman nilai-nilai sosial oleh orang tua, munculnya organisasi-organisasi pemuda informal yang perilakunya tidak disukai para orang tua dan munculnya usaha dari generasi muda untuk mengadakan perubahan-perubahan dalam masyarakat yang disesuaikan dengan nilai-nilai kaum muda.

5. Peperangan

Masalah peperangan berbeda dengan masalah sosial lainnya karena menyangkut beberapa masyarakat sekaligus, sehingga memerlukan kerjasama internasional untuk penyelesaiannya. Peperangan menyebabkan disorganisasi dalam pelbagai aspek kemasyarakatan, baik bagi negara yang keluar sebagai pemenang ataupun negara yang menderita kekalahan.

6. Pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat

Bentuk pelanggaran terhadap norma masyarakat yang menimbulkan permasalahan sosial antara lain dalam bentuk; pelacuran (prostitusi), kenakalan anak (delinquency), alkoholisme, homoseksualitas, maupun bentuk perilaku menyimpang lainnya.

7. Masalah kependudukan

Penduduk bagi suatu negara merupakan modal dasar pembangunan, karena penduduk merupakan subjek sekaligus objek pembangunan. Negara bertanggung jawab terhadap pemenuhan kesejahteraan penduduk. Negara akan mengalami kendala yang besar manakala jumlah penduduk yang meningkat pesat tanpa diimbangi dengan peningkatan produksi.

8. Masalah lingkungan hidup

Modernisasi merupakan upaya yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi penduduk, namun dampak negatif dari modernisasi adalah terjadinya pencemaran lingkungan alam yang mengakibatkan rusaknya lingkungan.

9. Birokrasi

Birokrasi adalah suatu organisasi yang dimaksudkan untuk mengerahkan tenaga dengan teratur dan terus menerus demi tercapainya tujuan tertentu. Birokrasi merupakan organisasi yang bersifat hirarkis yang ditetapkan secara rasional untuk mengkoordinasikan pekerjaan orang-orang demi kepentingan pelaksanaan tugas-tugas administratif.
Menurut pandangan Max Weber, birokrasi paling sedikit mencakup 5unsur, yakni;
  • organisasi
  • pengerahan tenaga
  • sifat yang teratur
  • bersifat terus menerus
  • mempunyai tujuan.
Jika dilihat pada pembagian kekuasaan maka di dalam suatu organisasi terdapat;
  • penguasa dan mereka yang dikuasai
  • hirarki, yaitu urut-urutan kekuasaan secara vertikal atau bertingkat dari atas ke bawah
  • ada pembagian tugas horizontal, yakni pembagian tugas antara beberapa bagian, di mana bagian-bagian itu mempunyai kekuasaan dan wewenang yang setingkat / sederajat
  • ada suatu kelompok sosial.