Pengertian, Jenis-jenis dan Bagian-bagian Berita

Pengertian, Jenis-jenis dan Bagian-bagian Berita

Pengertian, Jenis-jenis dan Bagian-bagian Berita
Pengertian, Jenis-jenis dan Bagian-bagian Berita

Pengertian berita

adalah informasi baru yang ditampilkan/disajiakan dalam pembacaan/penulisan yang jelas, menari, dan juga aktual. Berikut ini teacher akan menerangkan materi lanjutan tantang berita, yang meliputi pengertian berita, jenis-jenis berita, bagian-bagian berita. Yuk kita simak pembahasannya.

 Berita adalah peristiwa/kejadian yang terkini (aktual). Suatu peristiwa bisa disebut berita apabila sudah dilaporkan. Berita merupakan fakta atau informasi dari peristiwa yang disiarkan. Peristiwa yang masih terserak di lapangan dan belum disiarkan, tidak bisa disebut berita.

Jenis-jenis Berita

Adapun beberapa jenis berita dalam junnalistik menurut pengertiannya yang ada sekarang ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Straight News

Merupakan berita langsung, ditulis secara singkat, lugas dan apa adanya. Umumnya sebagian besar bagian halaman depan surat kabar berisi berita seperti ini. Jenis dari berita straight news dibagi menjadi dua macam, yaitu;
(http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/contoh-teks-ulasan/)

  1. Hard news, merupakan berita yang memiliki nilai lebih, berkualitas dan ter-update. Karena sangat penting maka harus segera disampaikan dan diketahui oleh masyarakat. Biasanya birisi berita bersifat khusus atau dapat juga mengenai peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba.
  2. Soft news, merupakan berita pendukung, berita yang ringan dan nilai beritanya di bawah hard news.

 

b. Depth News

Merupakam berita yang mendalam, beritanya ini berkembang secara mendalam dan tujuannya untuk lebih mengangkat suatu permasalahan secara lebih mendalam.

c. Investigation News

Merupakan berita yang berkembang dengan pendapat maupun penelitian yang dilakukan oleh penulisnya.

d. Opinion News

Merupakan berita tentang pendapat seseorang. Misalnya pendapat mahasisiwa, pejabet, para ahli mengenai suatu kejadian atau peistiwa.

Bagian-bagian Berita

a. Headline

Headline dapat disebut juga sebagai judul, umumnya dilengkapi juga dengan anak judul. Yang fungsinya untuk memudahkan para pembaca supaya dapat segera mengetahui peristiwa apa yang akan disampaikan dan menonjolkan berita tersebut dengan dukungan grafik supaya lebih menarik.

b. Deadline

Biasanya deadline terdiri dari nama media massa, tempat peristiwa dan juga tanggal terjadinya peristiwa. Tujuannya untuk menunjukkan tempat peristiwa dan inisial dari media massa yang menyampaikan berita.

c. Lead

Merupakan unsur yang sangat penting dalam berita, karena dapat menentukan apakah isi dari berita tersebut akan dibaca atau tidak oleh masyarakat. Dapat dikatakan juga sebagai inti suatu berita, yang berfungsi untuk menggambarkan seluruh isi berita tapi secara ringkas. Biasanya disebut dengan teras berita dan ditulisnya pada paragraf pertama.

d. Body

Merupakan bagian tubuh berita, isinya peristiwa-peristiwa yang dilaporkan dengan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Body dapat disebut juga sebagai bagian perkembangan berita.

Demikianlah pembahasan tentang berita, yang meliputi pengertian berita, jenis-jenis berita, bagian-bagian berita. Semoga bermanfaat buat kamu semua. Terima kasih.