Pengertian Mekanisme Pasar

Pengertian Mekanisme Pasar

Pengertian dari mekanisme pasar buku “Microeconomics” karya Campbell R. McConnel suatu institusi atau mekanisme yang mengumpulkan pembeli (orang yang melakukan permintaan) dengan penjual (orang yang melakukan penawaran) terhadap barang, jasa, maupun hal lain. Hal tersebut merupakan penafsiran dari kutipan “Market Mekanism is an institution or mecanism that brings together buyers (“demanders”) and sellers (“supplier”) of particular goods, services, or resources.”[1]

Dalam buku lain disebutkan bahwa mekanisme pasar adalah sistem yang cukup efisien di dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian, tetapi dalam keadaan tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya.[2]

Mekanisme pasar tidak lepas dari dua hal yakni permintaan dan penawaran. Mekanisme pasar terbentuk dari dua kegiatan tersebut sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa permintaan dan penawaran adalah mekanisme pasar itu sendiri. Dua kegiatan tersebut dapat menyebabkan terbentuknya harga di pasar. Harga tersebut dapat berubah apabila permintaan dan penawaran berubah.

Berikut adalah beberapa kelebihan akan adanya mekanisme pasar:

  1. Pasar dapat memberi informasi yang lebih tepat

Dalam pasar kita dapat menerima informasi tentang barang apa yang banyak dibutuhkan oleh pembeli sehingga penjual dapat menerima keuntungan lebih. Jenis barang yang diminati dan pangsa pasar semua informasi tersebut dapat diketahui dari pasar. Dengan begitu produsen akan dengan mudah menentukan barang yang akan ia produksi agar lebih mudah dalam memperoleh keuntungan yang maksimal atas pekerjaannya.

  1. Pasar memberi perangsang untuk mengembangkan kegiatan usaha

Pertambahan pendapatan, kemajuan teknologi dan pertambahan penduduk akan mengembangkan permintaan. Ini akan memberikan dorongan kepada pengusaha untuk menambah produksi dan meningkatkan kegiatan ekonomi.[3]

  1. Pasar memberi perangsang untuk memperoleh keahlian modern

Dengan cakupan pasar yang semakin meluas maka produsen akan cenderung menambah jumlah produksi. Agar produksi dapat lebih banyak dan efisien maka diperlukan teknologi yang lebih modern dan canggih agar lebih mudah untuk mencapai target. Dengan adanya teknologi yang semakin modern secara otomatis juga akan mencari tenaga kerja yang dapat mengoperasikannya. Muncullah rasa ingin memperoleh keahlian modern yang sesuai dengan alat yang digunakan.

  1. Pasar menggalakkan penggunaan barang dan faktor produksi secara efisien

Harga barang didasarkan dari tingkat penawaran dan permintaannya. Semakin banyak permintaan dengan jumlah barang yang terbatas maka harga barang tersebut akan semakin tinggi. Hal tersebut akan mendorong konsumen maupun produsen untuk menggunakan barang produksinya dengan lebih efisien.

  1. Pasar memberikan kebebasan yang tinggi kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi

Semua pelalku ekonominya mulai produsen sampai konsumen memiliki hak penuh untuk melakukan transaksi. Produsen berhak untuk menentukan barnag yang akan diproduksinya. Begitu pula dengan konsumen yang berhak untuk memilih barang apa saja yang akan mereka konsumsi.

Hal tersebut adalah kelebihan adanya mekanisme pasar. Sedangkan kel

Sumber :

https://callcenters.id/