Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

  • Menurut Qualter

“Propaganda is the deliberate attempt by some individual or group to form, control or alter the attitude of other groups by the use of the isntruments of communication with the intention that ini any given situatin the reaction of those so influenced will be that desired by propagandist”.

Artinya: Propaganda ialah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja oleh beberapa individu atau kelompok untuk membentuk, mengawasi atau mengubah sikap dari kelompok-kelompok lain dengan menggunakan media komunikasi dengan tujuan bahwa pada setiap situasi yang tersedia, reaksi dari mereka yang dipengaruhi akan seperti yang diinginkan oleh si propaganda.


  • Menurut Lasswell

“Propaganda is ini the broadcast sense the technique of influencing human action by the manipulation of represe ntations”

Artinya:
Propaganda dalam arti yang luas, ialah teknik untuk mempengaruhi kegiatan manusia dengan memanifulasikan representasinya “representasi dalam hal ini berarti kegiatan atau berbicara untuk suatu kegiatan kelompok”.

  • Menurut Barnays

“Modern propaganda is a consistent, enduring effart to create or shape event to influence the relations of the public to an enterprise idea or group”

Artinya:
Propaganda modern ialah suatu usaha yang bersifat konsisten dan terus menerus untuk menciptakan atau membentuk peristiwa-peristiwa guna mempengaruhi hubungan publik terhadap suatu penguasa atau kelompok.


  • Menurut Ralph D. Casey

“Propaganda is the deliberate and conscious effort to fix an attiude or modify an opinioin as it relater to a doctrine or program and on the other hand the conscientious effort of the agencies of communications to disseminate facts in a spirit of objectivity and honesty.

Artinya:
Propaganda ialah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja dan sadar untuk menetapkan suatu sikap atau mengubah suatu pendapat yang berkaitan dengan suatu doktrin atau program dan dipihak lain merupakan suatu yang sadar dari lembaga-lembaga komunikasi untuk menyebarkan fakta dalam semangat obyektivitas dan kejujuran.

  • Menurut Drs. R.A Santoso Sastropoetro

Propaganda ialah suatu penyebaran pesan yang terlebih dahulu telah direncanakan secara teliti untuk mengubah sikap, padangan, pendapat dan tingkah laku dari penerima komunikasi sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator.


  • Menurut Prof. Onong Uchyna Efendi

Propaganda ialah komunikasi yang dilakukan secara berencana, sistematis dan berulang-ulang untuk mempengaruhi seseorang, khalayak atau bangsa agar melaksanakan kegiatan tertentu dengan kesadaran sendiri tanpa paksa atau dipaksa.

  • Menurut Drs. R. Roekomy

Propaganda ialah usaha mempengaruhi orang lain berdasarkan faktor-faktor psikologis tentang sesuatu yang baru atau belum diakui kebenarannya agar terbuat sesuai dengan yang diharapkan.


Baca Juga :