Pentingnya Edukasi Dini Mitigasi Gempa

Pentingnya Edukasi Dini Mitigasi Gempa

Pentingnya Edukasi Dini Mitigasi Gempa
Pentingnya Edukasi Dini Mitigasi Gempa

 

Resiko korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami bisa dikurangi

jika masyarakat terlatih mengantisipasinya. Oleh karena itu edukasi mitigasi bencana gempa sejak dini sangat diperlukan.

Hal itulah dasar Yayasan Pendidikan Assalam Kota Bandung melakukan sosialisasi mitigasi bahaya Gempa dan Tsunami di semua jenjang pendidikan yang dimiliknya.

“Dalam situasi normal hal-hal seperti itu (langakah langkah mitigasi gempa)

mudah dilakukan. Tapi saat kejadian, kebanyakan malah panik. Kami pernah mengalami gempa pada tahun 2010, makanya kami ingin anak sudah terbiasa melakukannya,” kata Kepala Sekolah SD Assalam Kota Bandung Jainudin di lokasi pelatihan gempa, Rabu (3/10).

Berkaca dari kejadian tersebut, lanjut Jainudin, lembaga pendidikan Assalam sering mengelar pelatihan mitigasi gempa dan tsunami. Dengan kegiatan tersebut siswa mengenal bahaya gempa dan tsunami serta tahu apa yang harus dilakukan jika hal itu terjadi.

“Dengan kegiatan ini kami menyiapkan para siswa siaga dalam menghadapi bencana seperti itu

,” ujarnya.

Jainudin menambahkan kegiatan tersebut dilakukan serempak di semua unit pendidikan yang ada dalam naungan Yayasan Pendidikan Assalam di kota Bandung.

“Kita lakukan di TK, SD, MTS, SMP, PTQ, Pesantren, SMA juga SMK yang ada dibawah yayasan ini. Selain disini, kita gelar juga di Jatihandap dan Cibaduyut,” ucap pria kelahiran Tasikmalaya tersebut.

 

Sumber :

https://solopellico3p.com/penemu-fotografi-dan-kamera/