Penyebab RPM Mobil Tidak Stabil

3 Penyebab utama dari solusi RPM mobil yang tidak stabil

RPM Down – RPM Engine tidak stabil, dapat menunjukkan gangguan pada sistem induksi udara atau sistem suplai udara engine. Risikonya tentu saja akan sulit mengendalikan kecepatan mobil pada kecepatan rendah, transmisi tuas transmisi juga menjadi kurang lunak, dan bahkan di beberapa mobil kecelakaan ini bisa menyebabkan kematian mesin mobil.
Jadi apa yang terjadi? bagaimana mengatasinya? lihat penyebab dan cara mengatasi RPM mobil naik dan turun.

penyebab mesin berhenti naik dan turun

Kecepatan mesin sangat dipengaruhi oleh suplai udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Secara logis, ketika sejumlah kecil udara dan bahan bakar memasuki ruang pembakaran, hanya sejumlah kecil gas yang dapat dikompresi. sehingga hasil pembakarannya kecil dan kecepatan mesin mungkin lambat.

Selain itu, katup gas juga mempengaruhi RPM. katup gas bekerja dengan menutup saluran udara di mesin. Jika saluran ini tertutup, maka pergerakan piston saat fase hisapan akan dipertahankan. Ini tentu akan memperlambat kecepatan mesin.
Tetapi ketiga hal ini sangat sensitif, RPM yang sedikit berbeda dapat berubah.
Oleh karena itu, jika ketiga hal ini tidak stabil ketika mesin sedang berjalan, RPM secara otomatis akan keluar dari layanan. Bahkan mobil dengan teknologi EFI sering mengalami masalah ini.

Mengapa sering ditemukan?

karena dalam sistem injeksi, suplai bensin diatur oleh ECU secara tertutup. Jadi bagaimana kita memperbaikinya jika kita tidak tahu tentang skema tersebut.
Terutama pada tipe terakhir, mesin ini dilengkapi dengan teknologi drive by wire, yang merupakan teknologi katup tanpa gas (pembukaan katup diatur oleh motor listrik)
Kadang-kadang katup gas sering salah dan hasilnya dapat menutup diri bahkan jika Anda tidak menyentuh pedal akselerator. Jadi apa solusinya? Tenang, di artikel selanjutnya kita akan membahas secara mendalam penyebab RPM mobil yang naik turun dan cara mengatasinya.

Demikianlah penjelasan mengapa RPM mobil tidak stabil, semoga bermanfaat agar mobil anda tetap awet dan nyaman

Sumber : rental mobil lampung