Perbandingan komponen nutrisi antara gula putih dan gula kelapa

Kopi menggunakan gula aren baru-baru ini cenderung dijual di berbagai kedai kopi lokal. Nah, apa cara sehat untuk minum kopi, teman-teman: baik menggunakan gula putih biasa atau menggunakan gula aren? Silakan temukan jawabannya di bawah ini.

Perbandingan komponen nutrisi antara gula putih dan gula kelapa

Banyak orang sekarang lebih suka mencampur kopi menggunakan gula aren daripada gula biasa. Tetapi alasannya adalah orang mengatakan gula aren lebih sehat. Mengapa gula aren dianggap lebih unggul daripada gula putih?

Sedangkan gula putih terbuat dari tebu, gula aren dibuat dari getah (cairan yang muncul dari batang pohon palem). Gula putih adalah sumber nutrisi yang tinggi kalori, tetapi hampir nol, dengan sedikit nilai gizi. Gula aren sebenarnya mengandung banyak mineral yang diperlukan untuk tubuh.

Dalam penelitian ini ternyata gula kelapa mengandung antioksidan seperti kalium, fosfor, seng, besi, mangan, tembaga, sejumlah kecil polifenol, flavonoid, anthocyanidins. Gula aren juga mengandung banyak vitamin B 8 (inositol), asam folat, vitamin B 1 (tiamin), vitamin B 2 (riboflavin), yang membentuk sel-sel sehat.
Tingkat gula darah gula aren lebih rendah dari gula putih biasa

Terlepas dari komponen nutrisinya, gula aren jauh lebih unggul daripada gula putih dalam hal glukosa darah. Dari kisaran skor 0 hingga 100, nilai indeks glikemik gula putih adalah 100, sedangkan gula aren memiliki sekitar 35 kadar glukosa darah. Semakin tinggi kadar gula darah, semakin cepat gula darah dinaikkan.

Gula aren adalah salah satu pemanis alternatif dengan indeks glikemik rendah berkat kandungan serat makanan yang disebut inulin. Serat inulin diketahui menjaga kadar glukosa darah tetap normal.
Apakah lebih sehat minum kopi dengan gula aren?

gula aren tentu jauh lebih unggul dari gula putih biasa

Dari berbagai aspek, gula aren tentu jauh lebih unggul dari gula putih biasa. Tetapi gula masih berupa gula.

Gula aren adalah gula yang masih bisa menambah asupan kalori. Asupan kalori berlebih dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan karena penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Itu sebabnya kita perlu membatasi asupan gula dalam makanan dan minuman setiap hari untuk mencegah risiko yang tidak diinginkan.

Untuk semua jenis gula, jumlah gula yang direkomendasikan untuk orang Indonesia per hari adalah 50 gram gula, yang setara dengan 5-9 cangkir kecil. Batas ini ditetapkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Kita perlu membatasi bagian yang kita minum kopi juga.

Selain minum kopi dengan gula aren atau gula putih, jumlah kopi yang benar-benar perlu Anda perhatikan. Bahkan jika Anda menggunakan sedikit gula, jika Anda minum terlalu banyak kopi, asupan gula tentu akan meningkat?

Kadar gula bukan satu-satunya masalah. Kopi mengandung banyak kafein, tetapi ini juga perlu dibatasi. Anda dapat minum 2 hingga 3 cangkir kopi sehari, atau 400 hingga 600 mg kafein.

Untuk mengurangi asupan kafein, Anda perlu memilih kopi berkafein. Ini adalah kopi yang mengandung bebas atau sejumlah kecil kafein.

Jangan lupa untuk mengatur ulang waktu minum kopi agar kebiasaan minum kopi Anda tetap sehat. Jangan lakukan itu terlalu cepat, perut masih kosong karena memungkinkan Anda untuk perut Anda. Terkadang saya tidak bisa tidur di sore atau malam hari.

Baca juga :