PERTUMBUHAN EKONOMI

PERTUMBUHAN EKONOMI

PERTUMBUHAN EKONOMI
PERTUMBUHAN EKONOMI

Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi akan dapat melampaui tujuh persen dalam jangka menengah pada 2011 ini.

“Pertumbuhan ekonomi 2011 diperkirakan 6-6,5 persen, dan dapat melampaui tujuh persen dalam jangka menengah,” ujar Kepala Biro Kebijakan Moneter BI Sugeng dalam acara bincang bareng media di Gedung BI, Jakarta, Rabu (13/4/2011).

Dijelaskannya pertumbuhan itu akan ditopang dari investasi, ekspor, serta konsumsi. “Investasi akan menonjol, mungkin sudah akan di atas 10 persen (9,6-10 persen), ekspor akan mendukung pertumbuhan akan bagus, konsumsi akan cukup bagus pada 2011 ini, dengan adanya kenaikan gaji,” ungkapnya.

Namun dalam peningkatan kinerja perekonomian tersebut, juga mengandung tekanan dan risiko. “Masih derasnya aliran modal asing dan tingginya harga komoditi global, tekanan inflasi dalam negeri akan lebih tinggi dan juga ekses likuiditas perbankan yang masih besar, dan risiko pembalikan modal asing yang juga meningkat,” bebernya.

Oleh karena itu BI akan berkoordinasi dengan pemerintah yang juga diperkuat baik dalam pengendalian inflasi maupun dalam pengelolaan aliran modal asing dan mendorong terciptanya stabilitas keuangan

Sumber : https://earlraytomblin.com/