Presiden ASPBAE Pimpin Konsultasi Nasional Indonesia

Presiden ASPBAE Pimpin Konsultasi Nasional Indonesia

Presiden ASPBAE Pimpin Konsultasi Nasional Indonesia
Presiden ASPBAE Pimpin Konsultasi Nasional Indonesia

Presiden ASPBAE (The Asia South Pacific Association for Basic and Adult Education) Nani Zulminarni

memimpin langsung Konsultasi Nasional anggota ASPBAE di Jakarta, Jumat (15/12). Pendidikan kaum muda dan dewasa Agenda SDG 4 dan CONFINTEA VI jadi tema induk konsultasi nasional di Indonesia. Praktik baik dan peluang kesiapan Indonesia lebih berperan dalam menjalankan kerangka pendidikan luar sekolah, Pendidikan sepanjang hayat (Lifelong Learning) turut menjadi tema khusus pembahasan.

Nani Zulminarni mengatakan, komitmen dunia dalam pembangunan berkelanjutan SDG, terutama diselaraskan dengan penerapan pembangunan pendidikan (SDG 4) perlu didorong ke dalam sistem pendidikan nasional.

Optimisme dan tantangan Indonesia, tambah Nani, terutama dalam penerapan agenda SDG

bidang Pendidikan perlu diselaraskan lebih komprehensif.

Menurut Nani, butir-butir rekomendasi konferensi pendidikan dunia di Korea baru-baru ini, dalam “the sixth International Conference on Adult Education (CONFINTEA VI) diharapkan menjadi referensi , opsi dan solusi dalam mengatasi berbagai kendala sehingga pembangunan dan kebijakan pendidikan nasional yang dicita-citakan cepat terwujud.

Sedikitnya 10 dari 12 perwakilan oraganisasi anggota ASPBAE Forum Indonesia hadir dalam kegiatan Konsultasi Nasional Indonesia kerjasama PEKKA-ASPBAE Jumat (15/12). Dari forum konsultasi dihasilkan beberapa masukan, terutama mendesak pemerintah lebih proaktif menyelaraskan komitmen Indonesia menjalankan SDG 4 dan beberapa rekomendasi KTT Pendidikan dunia lainnya, mengagendakan forum nasional menyelaraskan perspektif guna mendukung kesiapan Indonesia dalam mewujudkan pendidikan kaum muda dan dewasa, terutama mewujudkan pendidikan sepanjang hayat (Lifelong learning) lebih menyeluruh.

Sampai saat ini anggota ASPBAE Indonesia terdiri dari sejumlah organisasi prodemokrasi

yang fokus dan konsisten menjalankan programnya dalam beragam sektor, terutama berbasis pendidikan, pemberdayaan dan kesetaraan, pangan gizi dan kesehatan , serta program sosial kemanusiaan , termasuk demokrasi dan perdamaian. Anggota ASPBAE Indonesia JPPI/NEW Indonesia, PEKKA, ACE, Koalisi Perempuan Indonesia, CCDE, Institut Kapal Perempuan, PPSW, PESADA, Capacity Building Learning Sumatera Forum, ASPPUK, YIS dan RUMPUN.

 

Sumber :

http://revistas.uned.es/index.php/accionpsicologica/comment/view/520/460/121055