Proses Pembangunan dalam Perekonomian dengan Kelebihan Tenaga Kerja

Proses Pembangunan dalam Perekonomian dengan Kelebihan Tenaga Kerja

            Salah satu aspek penting yang menyebabkan perbedaan besar antara keadaan negara berkembang  pada masa ini dengan keadaan negara maju dalam proses pembangunan mereka dimasa lalu, adalah masalah penduduk. Hal ini antara lain dapat dilihat dari rasio antara luas tanah dengan jumlah penduduk di negara berkembang. Nilai perbandingan itu sangat kecil dan itu berarti luas tanah pertanian yang dikerjakan oleh tiap-tiap petani atau keluarga petani di negara berkembang sangat terbatas.

            Berbagai studi mengenai pembangunan menunjukkan bahwa tingkat pengangguran yang terbuka dan terselubung dibeberapa negara berkembang adalah sangat tinggi. Pengangguran musiman sering sekali lebih serius keadaannya. Disamping itu, sifat penting lainnya dari keadaan penduduk di negara berkembang adalah tingkat pertambahan penduduk yang sangat cepat dan hal inilah yang menyebabkan masalh pengangguran yang dihadapi negara tersebut makin lama makin mmburuk.

Teori LEWIS : Perkembangan Ekonomi dalam Keadaan Penawaran Tenaga Kerja yang Tidak Terbatas

            Menurut teori Lewis : “Perkembangan Ekonomi Dalam Keadaan Penawaran Tenaga Kerja Yang Tidak Terbatas” tujuan dari teori ini adalah mengatasi masalah pembangunan pada aspek kelebihan tenaga kerja yang tidak berimbang. Lewis menganggap di banyak negara berkembang terdapat tenaga kerja yang berlebih, akan tetapi sebaliknya menghadapi masalah kekurangan modal, dan keluasan tanah yang digunakan sangat terbatas.

Masalah Kelebihan Tenaga Kerja

            Di negara berkembang jumlah penduduk tidak seimbang jika dibandingkan dengan modal dan kekayaan alam yang tersedia, dan sebagai akibat dari keadaan ini terdapat kegiatan-kegiatan ekonomi yang produktivitasnya sangat kecil, atau nol. Maka apabila sebagian dari pekerja dalam kegiatan tersebut dipindahkan ke kegiatan lain, produksi dalam sektor yang pertama tidak akan menurun. Di sektor pertanian, tanah yang dimiliki kebanyakan petani luasnya sangat terbatas sehingga sebagian anggota keluarga dapat bekerja pada kegiatan lain tanpa mengurangi produksi keluarga tersebut. Juga dibeberapa jenis kegiatan jasaterdapat pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan oleh jumlah pekerja yang melebihi daripada yang sebenarnya diperlukan.

            Kelebihan tenaga kerja tersebut merupakan pengangguran terselubung yang dapat dialihkan dan digunakan sektor lain tanpa mengurangi produksi di sektor di mana pada mulanya pengangguran tersebut berada.

Sumber :

https://deevalemon.co.id/jadi-viral-ini-pengakuan-ojek-bule/