Ragam Jenis Atribut Lisensi Creative Commons

Ragam Jenis Atribut Lisensi Creative Commons

Ragam Jenis Atribut Lisensi Creative Commons
Ragam Jenis Atribut Lisensi Creative Commons

Creative commons menawarkan 6 bentuk lisensi sebagai salah satu langkah perlindungan terhadap hak cipta suatu karya. Keenam bentuk lisensi tersebut yaitu:

  • CC BY

Label atribut ini mengizinkan orang lain untuk menggunakan, mencampur atau menambahkan ide baru pada suatu karya. Lisensi CC BY bahkan bisa digunakan untuk tujuan komersial sehingga pendistribusian suatu karya bisa berjalan secara maksimal.

  • CC BY ND

Jenis atribut ini mengizinkan kita untuk me-redistribusikan suatu karya secara komersial maupun komersial. Tanpa mengubah suatu karya secara keseluruhan, maka kredit dan hak cipta tetap dimiliki oleh sang pencipta karya.

  • CC BY NC SA

Atribut yang ketiga ini akan mengizinkan siapa saja untuk mengubah, mencampur atau menambahkan ide baru pada suatu karya untuk kebutuhan non komersial. Dan syarat untuk lisensi karya baru tersebut masih harus berada pada kredit lisensi creative commons yang sama.

  • CC BY SA (ShareALike)

Lisensi ShareALike memungkinkan kita untuk menggunakan menggunakan, mengubah atau menambahkan ide baru pada suatu karya dengan tujuan komersial. Lisensi atas karya baru masih berada pada kredit yang sama.

Salah satu contoh penggunaan lisensi ShareALiketerdapat pada lisensi yang digunakan Wikipedia. Manfaat karya yang diperoleh dari Wikipedia bisa digabungkan dengan proyek-proyek berlisensi lainnya.

  • CC BY NC

Walaupun orang lain berhak menggunakan, mengubah atau menambahkan ide pada suatu karya, namun penggunaan lisensi ini tidak mengizinkan penggunaan karya tersebut untuk kepentingan komersial. Disamping itu, karya turunan yang sudah dihasilkan oleh orang lain tidak bisa memiliki lisensi dengan persyaratan yang sama.

  • CC BY NC ND

Jenis lisensi yang keenam adalah lisensi yang paling ketat diantara kelima lisensi lainnya. Karena lisensi ini hanya mengizinkan kita untuk mengunduh dan menyebarkan suatu karya atas nama sang pencipta tanpa izin untuk mengubah atau menggunakannya secara komersial.

Sudahkah kita paham dengan maksud yang ditujukan oleh lisensi creative commons?

Di era yang kreatif dan modern ini sudah saatnya bagi kita untuk mengapresiasi dan mengakui keorisinalitasan karya orang lain. Sehingga hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita untuk menciptakan karya orisinal yang tidak kalah berkualitas dari karya buatan orang lain. Selamat mempelajari creative commons dan memanfaatkan konten-konten berlisensi di dalamnya!