Ruang Lingkup Seni Budaya dan Keterampilan

Ruang Lingkup Seni Budaya dan Keterampilan

Ruang Lingkup Seni Budaya dan Keterampilan

Ruang lingkup seni budaya dan keterampilan sangat lah luas diantaranya adalah: seni rupa, seni gambar, seni musik, seni tari, seni drama.

  1. Seni Rupa

Seni rupa secara umum adalah cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati oleh mata dan disentuh dengan tangan. Menurut bahasa seni rupa dibentuk dari dua kata yaitu seni dan rupa dimana seni adalah sebuah cara menampilkan keindahan dalam bentuk karya, gerakan, dan beberapa metode lainnya. Sedangkan rupa dada bentuk , wujud atau sesuatu yang bisa dirasa, dilihat, diraba, dan juga dinikmati.[6]

Jadi dapat disimpulkan bahwa seni rupa adalah cara menampilkan keindahan dlambentuk sebuah karya yang dapat dilihat, diaba, dan juga dinikmati.

1)      Seni rupa berdasarkan fungsinya

  1. a)Seni rupa murni

Seni rupa murni adalah seni rupa yang lebih mengutamakan keindahan daripada fungsinya. Contohnya: lukisan, kaligrafi.

  1. b)Seni rupa terapan

Seni rupa terapan adalah seni rupa yang lebih mengutamakan nilai guna dari pada nilai keindahannya. Contohnya: pakaian

2)      Seni rupa berdasarkan ragam wujudnya

  1. a)Seni rupa dua dimensi

Seni rupa duadimendi adalah jenis seni rupa yang hanya memiliki panjang dan lebar. Contohnya: lukisan, foto dan juga gambar

  1. b)Seni rupa tiga dimensi

Seni rupa tiga dimensi adalahseni rupa yang tidak hanya memiliki panjang dan lebar tetapi juga memiliki tinggi. Contohnya: patung, guci d.l.l.

  1. Seni gambar

Seni gambar dan seni lukis sering dipandang sama oleh kebanyakan orang. Pada hakikatnya seni gambar adalah seni lukis yang yang menonjolkan unsur garis untuk membuat bentuk atau wujud tertentu, sedangkan seni lukis sendiri lebih menonjolkan warna dan tekstur lihat atau barik semu untuk menciptakan bentuk tertentu

Kedua kata tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni menciptakan atau membuat bentuk tertentu yakni bentuk alamiah dan abstrak dengan media dua dimensi yang berukuran panjang kali lebar. Yang membedakan antara keduanya adalah cara untuk mewujudkan tujuan tersebut

  1. Seni music

Seni music adalah salah satu cabang seni yang menggunakan music dan unsur-unsur sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan perasaan seorang seniman. Seni music menurut Aristoteles adalah tuangan kemampuan serta tenaga penggambaranyang berawal dari gerakan rasa dalam satu deretan nada yang memiliki irama.

Seni music ini terbagi menjadi beberapa jenis seni music yaitu:

1)      Music tradisional

Music tradisional adalah warisan nenek moyang setiap suku bangsa di Indonesia.

2)      Music kontemporer

Music kontemporer adalah jenis music yang mulai memperkenalkan berbagai elemen music baru yang belum digunaan sebelumnya..

3)      Music modern

Music modern adalah jenis music kreasi baru yang bersifat dinamis dan sudah menggunakan teknologi tertentu, baik dari sisi instrumennya maupun dalam penyajiannya.

  1. Seni tari

Menurut Soedarsono seni tari adalah sebuah ungkapan dari dalam jiwa manusia yang ekspresikan melalui gerakan ritmis yang indah. Sedangkan menurut Yulianti Parani seni tari adalah gerakan ritmis yang keluar dari sebagian tubuh atau seluruhnya yang dilakukan seseorang ataupun kelompok yang disertai dengan ekspresi tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa seni tari adalah ungkapan dari ekspresi yang dituanngkan dalam sebuah gerakan yang dilakukan oeh seseorang maupun kelompok. Seni tari sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

1)      Tari berdasarkan jenis penarinya

  1. a)Tari tunggal

Tari tunggal adalah tari yang dibawakan oleh satu orang penari baik itu penari laki-laki maupun perempuan, contoh: tari gatot kaca,

  1. b)Tari berpasangan

Sebuah tarian yang dibawakan oleh dua orang penari. Baik itu penari laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan, maupun laki-laki dengan perempuan, contoh: tari topeng

  1. c)Tari berkelompok

Tari yang dibawakan banyak orang atau berkelompok, contoh; tari saman

2)      Tari berdasarkan alirannya

  1. a)Tari tradisional

Seni tari tradisional yaitu tarian yang diwariskan dari masa ke masa sejak zaman dahulu, yang diwariskan dan menjadi budaya di sebuah daerah. Dalam tarian tersebut terdpat nilai filosofi, simbol dan unsur religius.

  1. b)Tari kreasi baru

Tari kreasi baru adalah sebuah tarian yang dikembangkan oleh seorang koreografer atau juga disebut penata tari,.

  1. c)Tari kontemporer

Tarian jenis ini adalah tarian yang menggunakan gerakan-gerakan yang bersifat simbolik, unik dan mengandung pesan tertentu di dalamnya.

  1. Seni drama

Seni drama adalah curahan hati seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak bercerita yang diramu dengan music yang sesuai. Menurut KBBI drama memiliki beberapa pengertian, pertama, drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku, atau dialog yyang dipentaskan. Kedua, drama adalah cerita atau kisah terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater. Dan yang ketiga drama adalah kejadian yang menyedihkan.

Drama memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan penyajian kisah, berdasarkan sarana pementasan, dan berdasarkan masanya.

1)      Berdasarkan penyajian kisahnya

  1. a)Drama tragedi
  2. b)Drama komedi
  3. c)Drama tragekomedi
  4. d)Opera
  5. e)Melodrama
  6. f)Farce
  7. g)Tablo
  8. h)Sendratari

2)      Berdasarkan sarana pementasan

  1. a)Drama panggung
  2. b)Drama radio
  3. c)Drama televisi
  4. d)Drama film
  5. e)Drama wayang
  6. f)Drama boneka

3)      Berdasarkan masanya

  1. a)Drama tradisional

Drama modern adalah drama yang pada umumnya menceritakan tentanng kesaktian, kehidupan istana atau kerajaan, kehidupan dewa dewi, kejadian luar biasa,d.l.l. pada umumnnya drama ini dipentaskan tidak menggunakan naskah.

  1. b)Drama modern

Drama modern adalah drama yang memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat yang pada umumnya bertema kehidupan manusia sehari-hari.


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/