Sejarah Bahasa Indonesia

Sejarah Bahasa Indonesia

  1. a)Sebelum kemerdekaan

Bahasa Indonesia atau berakar dari bahasa melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu, yang sudah dipakai berabad-abad sebagai bahasa pergaulan (lingua franca), bukan saja di Kepelauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh wilayah Asia Tenggara. Berbagai fakta sejarah menunjukkan bahwa bahasa Melayu sudah digunakan secara meluas sejak dahulu. Misalnya, prasasti tertua yang ditulis dalam bahasa Melayu dengan huruf Pallawa berasal dari abad ke-7. Masuknya Islam ke Indonesia sekitar abad ke-13 atau sebelumnya membawa pengaruh pada tradisi tulis dalam bahasa Melayu. Huruf Arab mulai digunakan untuk menulis bahasa Melayu.

            Berdasarkan bukti sejarah  bahwa pada zaman Kerajaan Sriwijaya di Sumatra dan Kerajaan Majapahit di Jawa, bahasa Melayu sudah berfungsi sebagai :

  1. Bahasa kebudayaan, yaitu bahasa buku-buku yang berisi aturan-aturan hidup  dan sastra;
  2. Bahasa perhubungan antarsuku di indonesia;
  3. Bahasa niaga dalam transaksi perdagangan, baik antarsuku yang ada di indonesia maupun terhadap pedagang-pedagang yang datang dari luar indonesia;
  4. Bahasa resmi kerajaan, baik pada masa pemerintahan sriwijaya maupun pada masa pemerintahan majapahit.

Pada masa penjajahan Belanda, bahasa Melayu juga tetap dipakai sebagai bahasa perhubungan yang luas. Pemerintah Belanda tidak mau menyebarkan pemakaian bahasa Belanda pada penduduk pribumi. Dengan demikian, komunikasi di antara pemerintah dan penduduk Indonesia dan di antara penduduk Indonesia yang berbeda bahasanya sebagian besar dilakukan dengan bahasa Melayu. Selama masa penjajahan Belanda, terbit banyak surat kabar yang ditulis dengan bahasa Melayu.

Melalui perjalanan sejarah yang panjang, akhirnya pada tanggal 28 Oktober 1928 melalui ikrar Sumpah Pemuda, bangsa Indonesia menerima bahasa Melayu sebagai bahsa nasional bangsa Indonesia dengan nama bahasa Indonesia. Butir ketiga dari ikrar Sumpah Pemuda merupakan pernyataan tekad kebahasaan yang mengindikasikan bahwa bangsa Indonesia, “menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia”. Sejak itulah bahasa Indonesia secara perlahan tumbuh dan berkembang terus. Sejak zaman prakemerdekaan hingga saat ini perkembangannya menjadi demikian pesatnya sehingga bahasa Indonesia telah menjelma menjadi bahasa modern

RECENT POSTS