Sejarah Lahirnya Agama Islam di Jazirah Arab

Sejarah Lahirnya Agama Islam di Jazirah Arab – Kali ini diskusi berisi sejarah pertumbuhan dan perkembangan ajaran Islam di Semenanjung Arab, dimulai dengan pengiriman Nabi Muhammad, Khilafah, era Mu’awiyah di era Abbasiyah.

Agma Islam tidak benar-benar lahir sejak masa kesetiaan Nabi Muhammad, tetapi sebenarnya itu dimulai sejak manusia pertama yang dikirim ke bumi ini, yaitu, Nabi Adam, kemudian dilanjutkan dengan para Nabi dan Rasul setelah itu dan ditingkatkan dengan mengirimkan Nabi. Mohammed sebagai Rasul.

Sejarah Lahirnya Agama Islam

Pada abad ke-7 Islam muncul di Semenanjung Arab, yang disiarkan oleh Nabi Muhammad. Islam tumbuh di bagian tengah wilayah Arab. Periode sebelum Islam ditandai oleh ketidakpastian, sehingga disebut era ketidaktahuan atau era kegelapan. Sejak kelahirannya, Islam telah berkembang di seluruh penjuru dunia.

Kelahiran Nabi Muhammad

20 April 571 AD di kota Mekah di bagian tengah wilayah Arab, seorang anak lahir bernama Mohammed. Mohammed adalah cucu Abdul Muthalib, seorang bangsawan suku Quraisy yang sangat dihormati di kota Mekah.

Ayah Muhammad, bernama Abdullah, meninggal karena Muhammad masih di dalam kandungan. Sementara ibunya, Amina meninggal ketika Muhammad berusia 6 tahun. Muhammad didekati oleh kakeknya Abdul Muthalib. Setelah kakeknya meninggal, dia dibesarkan oleh seorang paman bernama Abu Thalib.

Diutusnya Nabi Muhammad Menjadi Nabi

Ketika dia berusia 40 tahun, Muhammad, yang sendirian di sebuah gua di Bukit Hira, dekat Mekah Utara, dikunjungi oleh malaikat Jibril, yang menceritakan tentang pengangkatannya sebagai Utusan Allah. Penunjukan Mohammed.

Sebagai seorang nabi, itu dimulai dengan wahyu Surat al-Alaq, dan pengangkatannya sebagai seorang rasul dimulai dengan turunnya Surat al-Mudazir.

Sebagai seorang nabi dan rasul Allah, Muhammad berkewajiban untuk memberitakan kebenaran kepada semua orang di dunia. Jadi, sejak saat itu, Nabi Muhammad. aktif berkhotbah untuk mengundang orang-orang masuk Islam.

Islam mengajarkan doktrin tauhid, yang hanya mengajarkan Allah SWT. dan melarang pengikutnya untuk menyembah selain Allah. Mula-mula khotbah dilakukan oleh Nabi Muhammad. mendapat tentangan keras dari rakyatnya, yaitu suku Quraisy.

Karena cobaan besar yang bahkan mengarah pada ancaman kematian, nabi Muhammad. kemudian pindah ke kota bernama Yastrib di Mekah utara.

Tidak seperti suku Quraish di Mekah, banyak penduduk Yastrich bersedia masuk Islam. Penduduk Yastrib asli disebut Ansar, dan keturunan para imigran, yang disebut Muhajirin, kemudian dimuliakan oleh Nabi Muhammad.

Mereka juga mengangkat nabi Muhammad. sebagai pemimpin. Sehingga pada tahun 622, Nabi Muhammad. tidak hanya sebagai utusan Tuhan, tetapi juga sebagai kepala negara Yastrib, yang namanya kemudian diubah menjadi Madinah.

Sejak itu mulai yang pertama di dunia pemerintahan Daula Islamiya (Negara Islam). Sejak itu, Islam berkembang sangat cepat.

Pada 632, ketika nabi Muhammad. hampir seluruh wilayah Arab yang masuk Islam mati, kemudian kepemimpinan Islam kemudian menduduki Hulafaurrasidin.

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang Sejarah Lahirnya Agama Islam di Jazirah Arab, semoga dapat bermanfaat.