Strategi Meningkatkan Minat Baca Anak

Strategi Meningkatkan Minat Baca Anak

Ayah bunda, mendidik anak dalam belajar baca tidak saja tugas seorang guru, tetapi pun kita sebagai orang tua, mengenal anak dengan baik, meluangkan waktu dan perhatian pun akan menolong meningkatkan Minat baca anak. Bagaimana strategi yang tepat?

1. Menyediakan waktu guna membacakan kitab setiap hari. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa membacakan anak menyimak dengan suara lantang secara rutin bakal menghasilkan pertumbuhan yang siginifikan pada pemahaman kosakata dan pemenggalan kata. Untuk anak umur dini akan menciptakan mereka bercita-cita menyimak dengan sendirinya, dengan membacakan anak kitab setiap hari 15 menit dapat meningkatkan Minat baca anak.

2. Biasakan pergi ke perpustakaan atau toko buku, di sana anak bakal leluasa memilih kitab yang mereka suka. Banyak kitab yang dapat menarik perhatian anak melulu dengan menyaksikan cover buku, namun saya dan anda butuh teliti dalam menyerahkan bacaan untuk anak, apakah kitab tersebut cocok dengan umur anak ketika ini.

3. Cari tahu masalah anak dalam menyimak perlu anda lakukan, apakah anak ada kendala dalam membaca, kerjakan kerjasama dengan guru di sekolah untuk menggali solusi atas masalah yang dirasakan anak.

4. Membantu mengembangkan Minat baca anak mesti dilaksanakan secara variatif dengan kata lain tingkat fokus anak tidak panjang dan mereka gampang teralihkan oleh sesuatu yang unik perhatian anak. Proses belajar menyimak harus mengasyikkan seperti bermain supaya anak tidak merasa bosan.

5. Berikan anak sokongan dan motivasi untuk anak yang sedang belajar membaca, pastikan kita menyerahkan pujian yang tulus atas usaha banting tulang anak.

Sumber : www.studybahasainggris.com/