Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi

Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi

  1. Masa vital yaitu dari usia 0.0 sampai kira-kira 2 tahun.

   Pada masa vital ini individu menggunakan fungsi-fungsi biologis (mulut) untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya.

  1. Masa estetik dari umur kira-kira 2 tahun sampai kira-kira 7 tahun

   Masa estetik ini dianggap sebagai masa pertumbuhan rasa keindahan (memakai fungsi pancaindra). Dalam masa ini pula tampak muncul gejala kenakalan (menentang, menggunakan kata” kasar, melanggar aturan) yang umumnya terjadi antara 3 tahun sampai 5 tahun. Ini adalah suatu tahap ketika anak menemukan dirinya sebagai subyek.

  1. Masa intelektual dari kira-kira 7 tahun sampai kira-kira 13 tahun atau 14 tahun
  2. Masa sosial, kira-kira umur 13 atau 14 tahun sampai kira-kira 20 – 21 tahun

KELUARGA DAN FUNGSINYA DIDALAM KEHIDUPAN MANUSIA

    Keluarga adalah unit/satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Keluarga merupakan gejala universal yang terdapat dimana-mana di dunia ini. Sebagai gejala yang universal, keluarga mempunyai 4 karakteristik yang memberi kejelasan tentang konsep keluarga .

  1. Keluarga terdiri dari orang-orang yang bersatu karena ikatan perkawinan, darah atau adopsi. Yang mengiakat suami dan istri adalah perkawinan, yang mempersatukan orang tua dan anak-anak adalah hubungan darah (umumnya) dan kadang-karang adopsi.
  2. para anggota suatu keluarga biasanya hidup bersama-sama dalam satu rumah dan mereka membentuk suatu rumah tangga (household), kadang-kadang satu rumah tangga itu hanya terdiri dari suami istri tanpa anak-anak, atau dengan satu atau dua anak saja
  3. Keluarga itu merupakan satu kesatuan orang-orang  yang berinteraksi dan saling berkomunikasi, yang memainkan peran suami dan istri, bapak dan ibu, anak laki-laki dan anak perempuan
  4. Keluarga itu mempertahankan suatu kebudayaan bersama yang sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas.

 

Sumber :

https://phpmag.net/google-kembangkan-ai-agar-ponsel-tidak-diintip-orang/