Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer
Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

Seperti yang telah dijelaskan tentang pengertian jaringan komputer. Jaringan komputer yang merupakan hardware dan software yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer dan alat lainnya. Hal ini sudah sangat jelas memiliki manfaat yang sangat besar. Manfaat jaringan komputer dapat kita lihat dari dua sisi yaitu manfaat jaringan komputer untuk masyarakat serta manfaat jaringan komputer untuk perusahaan atau organisasi.

Manfaat Jaringan Komputer Untuk Organisasi

 

@ Kemudahan dalam Berbagi Sumber daya (Resource sharing).
Dengan adanya jaringan komputer, seluruh program dan alat alat yang ada diperusahaan dapat digunakan secara efisien dan efektif yang mengurangi beban biaya yang digunakan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Contoh konkret adalah printer dalam sebuah organisasi. Daripada membeli satu printer untuk tiap meja, maka lebih baik memanfaatkan jaringan komputer sehingga 1 printer dapat digunakan untuk 10 atau lebih komputer (user).

Kemampuan kerja tiap komputer meningkat.

Hal ini terjadi karena adanya pembagian daya kerja tiap komputer seperti CPU, memori (RAM) dan terjadinya backup file di server bila tiba tiba terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan manfaat jaringan komputer ini, pekerjaan suatu organisasi tidak akan terhenti apabila satu atau dua komputer rusak.

Manfaat jaringan komputer yang sudah jelas adalah menghemat biaya.

Komputer mainframe atau super komputer memang memiliki kemampuan kerja yang lebih tinggi dari komputer biasa. Akan tetapi, dalam sebuah sistem jaringan komputer, komputer biasa dapat mengalahkan komputer mainframe dari segi harga maupun kemampuan. Hal ini terjadi karena dalam jaringan komputer dapat dilakukan penggunaan sumber daya bersama termasuk kinerja CPU dan RAM.