Ujian Nasional Dihapus, Akankah Buat Anak Malas Belajar?

Ujian Nasional Dihapus, Akankah Buat Anak Malas Belajar?

Ujian Nasional Dihapus, Akankah Buat Anak Malas Belajar
Ujian Nasional Dihapus, Akankah Buat Anak Malas Belajar

Ujian Nasional (UN) rencananya akan dihapus mulai tahun 2021. Ya Moms,

UN akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Kedua asesmen baru ini dirancang khusus untuk fungsi pemetaan dan perbaikan mutu pendidikan secara nasional.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, kebijakan ini ternyata menimbulkan kekhawatiran baru bagi beberapa orang tua. Pada beberapa artikel kumparanMOM mengenai dihapusnya Ujian Nasional misalnya, ada beberapa komentar yang mengungkapkan kecemasan kalau tidak adanya Ujian Nasional akan membuat anak-anak jadi malas belajar.
Bagaimana tanggapan Kemdikbud?
anak belajar di rumah
anak belajar di rumah Foto: Shutterstock

Moms, kita harus paham terlebih dahulu bahwa menggunakan ancaman ujian untuk mendorong belajar

akan berdampak negatif pada karakter anak. Jika dilakukan terus menerus, anak justru akan menjadi malas belajar jika tidak ada ujian.
Dengan kata lain, anak menjadi terbiasa belajar sekadar untuk mendapat nilai baik dan menghidari nilai jelek.
Hal ini membuat anak lupa akan kenikmatan intrinsik yang bisa diperoleh dari proses belajar itu sendiri. Anak belajar bukan karena senang atau termotivasi dengan sendirinya, tapi karena ada ‘dorongan’ dari luar.

Ilustrasi lembar ujian. Foto: Thinkstock

Padahal, motivasi belajar intrinsik inilah yang justru sangat perlu dikembangkan agar murid agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.
ADVERTISEMENT
Ujian Nasioal sendiri adalah alat untuk melakukan monitoring dan evaluasi mutu sistem pendidikan. Perlu dicatat Moms, fungsi UN bukan untuk melatih keuletan atau kegigihan anak.
Kenapa begitu?

 

Baca Juga :